Sabtu, 18/05/2024 16:04 WIB

Kota Terowongan Hamas di Bawah Gaza, Garis Depan yang Tersembunyi dari Israel

Kota Terowongan Hamas di Bawah Gaza, Garis Depan yang Tersembunyi dari Israel

Tentara Israel berjaga di dekat pintu masuk yang menurut militer Israel adalah terowongan di sisi perbatasan Jalur Gaza Israel dekat Kissufim, 18 Januari 2018. Foto: Reuters

JERUSALEM - Apa yang menunggu pasukan darat Israel di Gaza, kata sumber keamanan, adalah jaringan terowongan Hamas yang panjangnya ratusan kilometer dan kedalaman hingga 80 meter. Terowongan ini digambarkan oleh seorang sandera yang dibebaskan sebagai “jaring laba-laba” dan oleh seorang ahli sebagai “Vietnam” Kong kali 10".

Kelompok Islam Palestina memiliki berbagai jenis terowongan yang membentang di bawah garis pantai berpasir seluas 360 km persegi dan perbatasannya – termasuk terowongan penyerangan, penyelundupan, penyimpanan dan operasional, kata sumber-sumber Barat dan Timur Tengah yang mengetahui masalah tersebut.

Amerika Serikat yakin pasukan khusus Israel akan menghadapi tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya karena harus memerangi militan Hamas sambil berusaha menghindari pembunuhan sandera yang ditahan di bawah tanah, kata seorang pejabat AS.

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin mencatat bahwa pertempuran Irak selama sembilan bulan untuk merebut kembali kota Mosul dari ISIS mungkin terbukti lebih mudah daripada apa yang menunggu Israel – kemungkinan besar adalah “banyak IED (alat peledak rakitan), a banyak jebakan, dan hanya aktivitas yang sangat menggelikan".

Meskipun Israel telah banyak berinvestasi dalam deteksi terowongan – termasuk penghalang bawah tanah yang dilengkapi sensor yang disebut “dinding besi” – Hamas masih dianggap memiliki terowongan yang berfungsi untuk mengakses dunia luar.

Setelah putaran terakhir permusuhan pada tahun 2021, pemimpin Hamas di Gaza, Yehya Al-Sinwar, mengatakan: "Mereka mulai mengatakan bahwa mereka menghancurkan 100 km terowongan Hamas. Saya beritahu Anda, terowongan yang kami miliki di Jalur Gaza melebihi 500 km. Bahkan jika narasi mereka benar, mereka hanya menghancurkan 20% terowongan."

SAKSI SANDERA
Belum ada bukti yang menguatkan komentar Sinwar, yang diperkirakan bersembunyi di bawah tanah menjelang serangan darat Israel yang diperkirakan akan dilakukan.

Namun perkiraan ratusan kilometer diterima secara luas oleh para analis keamanan, meskipun jalur pantai yang diblokade hanya sepanjang 40 km (25 mil).

Dengan Israel yang memegang kendali penuh atas akses udara dan laut Gaza serta 59 km dari 72 km perbatasan daratnya – dengan Mesir 13 km ke selatan – terowongan menjadi salah satu dari sedikit cara bagi Hamas untuk membawa senjata, peralatan, dan orang.

Meskipun kelompok tersebut dan kelompok Palestina lainnya merahasiakan jaringan mereka, Yocheved Lifshitz, seorang sandera Israel yang baru saja dibebaskan, mengatakan: “Itu tampak seperti jaring laba-laba, banyak sekali terowongan,” dan menambahkan: “Kami berjalan berkilo-kilometer di bawah tanah ."

Hamas percaya bahwa dengan keunggulan militer Israel di bidang udara dan lapis baja yang luar biasa, terowongan adalah cara untuk mengurangi beberapa keuntungan tersebut dengan memaksa tentara Israel untuk bergerak di bawah tanah di ruang sempit yang diketahui oleh para pejuang Hamas.

Seorang juru bicara militer Israel mengatakan pada hari Kamis: "Saya tidak akan merinci jumlah kilometer terowongan tersebut tetapi jumlah tersebut merupakan jumlah yang banyak, dibangun di bawah sekolah dan kawasan pemukiman."

Mendesak Dewan Keamanan PBB untuk campur tangan, Presiden Palestina Mahmoud Abbas menyerukan penghentian segera “agresi” di Gaza dan bergerak menuju “solusi politik daripada solusi militer dan keamanan”.

KOTA BAWAH TANAH
Sumber-sumber keamanan Israel mengatakan pemboman udara besar-besaran yang dilakukan Israel hanya menyebabkan sedikit kerusakan pada infrastruktur terowongan. Komando angkatan laut Hamas mampu melancarkan serangan lintas laut yang menargetkan masyarakat pesisir dekat Gaza minggu ini.

“Meskipun kami telah melakukan serangan besar-besaran selama berhari-hari, kepemimpinan (Hamas) cukup utuh, begitu pula dengan kemampuan untuk memerintah dan mengendalikan, bahkan kemampuan untuk mencoba dan melancarkan serangan balasan,” kata Amir Avivi, mantan brigadir jenderal. yang posisi seniornya di militer Israel termasuk wakil komandan divisi Gaza, yang bertugas menangani terowongan.

“Ada seluruh kota di seluruh Gaza di bawahnya dengan kedalaman 40-50 meter. Ada bunker dan markas serta tempat penyimpanan dan tentu saja mereka terhubung dengan lebih dari seribu posisi peluncuran roket.”

Sumber lain memperkirakan kedalamannya mencapai 80 meter.

Salah satu sumber keamanan Barat mengatakan: "Mereka berlari bermil-mil. Mereka terbuat dari beton dan dibuat dengan sangat baik. Bayangkan Viet Cong zaman 10. Mereka punya waktu bertahun-tahun dan banyak uang untuk digunakan."

Sumber keamanan lainnya, dari salah satu negara tetangga Israel, mengatakan terowongan Hamas dari Mesir tetap aktif.

"Rantai pasokan masih utuh saat ini. Jaringan yang terlibat dalam memfasilitasi koordinasi adalah beberapa perwira militer Mesir. Tidak jelas apakah tentara Mesir mengetahui hal ini," katanya.

Sejumlah kecil terowongan penyelundupan yang lebih sempit dan dalam masih beroperasi hingga saat ini antara Mesir dan Gaza, menurut dua sumber keamanan dan seorang pedagang di kota El Arish, Mesir, namun terowongan tersebut melambat hingga hampir terhenti sejak konflik Israel-Hamas. perang dimulai.

Para pejabat Mesir tidak segera menanggapi permintaan komentar. Pada hari Rabu, Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi mengatakan saat memeriksa unit militer di Suez bahwa peran tentara adalah untuk mengamankan perbatasan Mesir.

PERMAINAN PANJANG
Hamas didirikan di Gaza pada tahun 1987 dan diperkirakan mulai menggali terowongan pada pertengahan tahun 1990an, ketika Israel memberikan Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) yang dipimpin Yasser Arafat, pemerintahan sendiri di Gaza.

Jaringan terowongan adalah alasan utama mengapa Hamas lebih kuat di Gaza dibandingkan di Tepi Barat yang diduduki Israel, di mana pemukiman Israel, pangkalan militer dan perangkat pemantauan membuat lebih sulit untuk mendapatkan apa pun dari Yordania.

Pembuatan terowongan menjadi lebih mudah pada tahun 2005 ketika Israel menarik tentara dan pemukimnya keluar dari Gaza, dan ketika Hamas memenangkan kekuasaan pada pemilu tahun 2006.

Tak lama kemudian sayap militer Hamas, Brigade Izz el-Deen al-Qassam, menangkap Gilad Shalit dan membunuh dua tentara Israel lainnya setelah menggali 600 meter untuk menyerang pangkalan Kerem Shalom di perbatasan Gaza.

Setahun kemudian Hamas menggunakan terowongan di Gaza untuk melancarkan serangan militer terhadap pasukan penerus Arafat sebagai pemimpin PLO, Mahmoud Abbas.

Meskipun terowongan militer tetap tertutup bagi mata orang luar, pada masa itu para penyelundup Gaza akan memamerkan terowongan komersial mereka yang hampir tidak tersembunyi di bawah perbatasan Rafah.

Lebarnya sekitar tiga kaki (satu meter) dan menggunakan motor winch untuk mengangkut barang di sepanjang lantai terowongan berpasir dalam tong bensin yang dilubangi.

Salah satu operator terowongan Rafah, Abu Qusay, mengatakan penggalian terowongan sepanjang setengah mil membutuhkan waktu tiga hingga enam bulan dan dapat menghasilkan keuntungan hingga $100.000 per hari. Barang yang paling menguntungkan adalah peluru, yang dibeli masing-masing seharga $1 di Mesir dan berharga lebih dari $6 di Gaza. Senapan Kalashnikov, katanya, berharga $800 di Mesir dan dijual dua kali lipatnya.

Pada tahun 2007 sayap militer diperkirakan telah membawa komandannya Mohammed Deif ke Gaza melalui sebuah terowongan dari Mesir. Deif adalah dalang di balik serangan mematikan Hamas pada 7 Oktober ke Israel, yang menewaskan 1.400 orang dan menyandera.

BERBURU TEROWONGAN
Profesor Joel Roskin, ahli geomorfologi dan geologi dari Universitas Bar-Ilan Israel mengatakan sulit untuk memetakan jaringan terowongan secara akurat dari permukaan atau luar angkasa, dan menambahkan bahwa informasi yang sangat rahasia sangat penting untuk pemetaan 3D dan visualisasi citra.

Di antara unit elit yang ditugaskan untuk bergerak di bawah tanah adalah Yahalom, komando spesialis dari Korps Teknik Tempur Israel yang dikenal sebagai "musang", yang berspesialisasi dalam menemukan, membersihkan, dan menghancurkan terowongan.

Awal pekan ini Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengunjungi pejuang Yahalom dan mengatakan kepada mereka: "Saya mengandalkan Anda, rakyat Israel mengandalkan Anda."

Sumber-sumber Israel mengatakan apa yang menanti mereka sangat berat dan mereka menghadapi musuh yang telah berkumpul kembali dan belajar dari operasi Israel sebelumnya pada tahun 2014 dan 2021.

“Akan ada banyak jebakan. Mereka memiliki senjata termobarik yang tidak mereka miliki pada tahun 2021, yang lebih mematikan. Dan saya yakin mereka memperoleh banyak sistem senjata anti-tank yang akan mencoba untuk menyerang.” APC (pengangkut personel lapis baja), tank kami,” kata Amnon Sofrin, mantan brigadir jenderal dan mantan komandan Korps Intelijen Tempur.

Sofrin, yang sebelumnya juga menjabat kepala direktorat intelijen agen mata-mata Mossad Israel, mengatakan Hamas juga akan berusaha menculik tentara.

Daphne Richemond-Barak, profesor di Universitas Reichman Israel dan penulis buku Underground Warfare, mengatakan konflik di Suriah dan Irak telah mengubah situasi.

“Apa yang mungkin dihadapi IDF (militer Israel) di dalam terowongan juga merupakan seluruh pengalaman dan pengetahuan yang telah diperoleh oleh kelompok-kelompok seperti ISIS (Negara Islam) dan telah… diteruskan ke Hamas.”

KEYWORD :

Israel Palestina Serangan Hamas Terowongan Gaza




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :