Minggu, 28/04/2024 15:08 WIB

Terapkan Sistem Ganjil-Genap Tol untuk Mudik, Ini Saran DPR ke Pemerintah

Nizar Zahro mendukung rencana pemerintah menerapkan sistem ganjil-genap pada mudik lebaran tahun ini.

Nizar Zahro

Jakarta - Anggota komisi V DPR fraksi Gerindra Nizar Zahro mendukung pemerintah menerapkan sistem ganjil-genap yang direncanakannya akan ditetapkan pada mudik lebaran tahun ini. 

Hanya saja, ia menyarankan pemerintah menyiapkan perangkat pendukung terlebih dahulu sebelum pemberlakuan aturan yang saat ini telah diterapkan di jalan-jalan ibukota. Ia khawatir, sistem yang sebenarnya ditujukan untuk mengantisipasi kemacetan justru gagal hingga berbalik menjadi penyebab pengendara mudik menumpuk di jalan.

"Pada prinsipnya mendukung upaya untuk mengurai kemacetan saat lebaran, sehingga tidak terjadi lagi, insiden seperti mudik tahun lalu. Kalau memang akan diberlakukan sistem ganjil genap, kami minta untuk dikaji terlebih dahulu. Libatkan seluruh stakeholder terkait," ujar Nizar kepada Jurnas.com di Jakarta, Kamis, (6/4/2017).

Politisi dari dapil Jatim XI (Madura) ini menegaskan selain perencanaan dan pelaksanaannya, sosialisasi kepada masyarakat harus dilakukan jauh-jauh hari.  

"Jangan sampai ketika pelaksanaan sudah dilaksanakan, tapi masyarakat masih banyak yang belum mengetahui," ungkapnya. 

Nizar meyakini masalah justru akan berlipat jika pemerintah tidak memberi petunjuk terlebih dahulu kepada masyarakat.

"Kalau yang terjadi seperti itu, bukan malah mengurai kemacetan. Tapi, akan muncul masalah baru. Pelanggaran lalu lintas marak, dan bisa berujung penyelesaian ditempat. Ini nggak baik dan nggak boleh," tuturnya.

Ditambahkannya, penerapan sistem ganjil-genap saat arus mudik dan arus balik, tidak serta merta akan mengurangi kemacetan. Dibandingkan dengan menerapkan sistem ganjil-genap, Nizar meminta pemerintah lebih memprioritaskan penyelesaian jalan dan tol pantura.

"Sebaiknya sebelum arus mudik lebaran, infrastruktur seperti jalan dan tol sudah siap. Apalagi Menteri PU-PERA sudah berjanji terkait kesiapan infrasturktur jalan dan tol. Yakni jalan tol pantura bisa fungaional hingga Ngaliyan, Semarang. Itu janji harus ditepati dan jangan mengalihkan dengan wacana sistem ganjil-genap," pungkasnya.

KEYWORD :

DPR Mudik Nizar Zahro




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :