Selasa, 14/05/2024 04:40 WIB

Cara Alami Mengatasi Pembengkakan Bibir

Cara mengatasi bibir bengkak yang paling mudah dan aman adalah dengan kompres air dingin.

Cara alami mengobati bibir bengkak ( Foto : SehatQ )

Jakarta, Jurnas.com - Mengalami pembengkakan di area sekitar wajah tentunya mengganggu rasa percaya diri, salah satunya bibir tiba-tiba bengkak.

Kebanyakan kondisi ini disertai dengan sensasi nyeri dan kemerahan di sekitar area pembengkakan.

Berikut adalah berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi bibir bengkak di rumah, di antaranya: 

Kompres Es

Caranya adalah bungkus beberapa bongkah es dengan kain bersih, lalu tempelkan pada bibir yang bengkak. 

Agar hasilnya maksimal, lakukan beberapa kali sehari. Hindari menempelkan es batu secara langsung ke bibir (tanpa dibalut kain) karena bisa memicu infeksi lebih lanjut.

Oleskan Lidah Buaya

Oleskan getah atau gel dari tanaman lidah buaya ke permukaan bibir yang bengkak untuk membantu mengempeskan bengkak pada bibir.

Jaga kelembapan bibir

Dapat dilakukan dengan minum banyak air putih supaya bibir tetap terhidrasi dengan baik. Dan menggunakan pelembab bibir atau lip balm 

Konsumsi makanan lembut

Jagalah lapisan bibir yang bengkak agar tidak semakin meradang dengan mengonsumsi makanan bertekstur lembut seperti bubur setidaknya selama 2-3 hari.

Selain itu, lenting juga untuk membersihkan area bibir secara rutin, terutama setelah makan. Jangan hanya mengusapnya dengan tisu, tapi Anda dianjurkan membilas area mulut dengan air sehabis makan. Ini bertujuan agar sisa-sisa kotoran makanan tidak menempel pada bibir yang bengkak dan kemudian menyebabkan infeksi atau peradangan

KEYWORD :

Pembengkakan bibir cara alami




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :