Minggu, 28/04/2024 03:31 WIB

Selebritis

Gegara Iklan Minum Soda, Kendall Jenner Tuai Kritikan

Iklan Pepsi yang dibintanya dinilai meremehkan hak protes dan keresahan masyarakat di Amerika Serikat

Kendall Jenner (Foto: Andrew Kelly)

Jakarta- Kendall Jenner baru saja menuai kritikan dan ejekan dari netizan lantaran iklan minuman soda yang dibintanginya. Iklan Pepsi yang dibintanginya dinilai meremehkan hak protes dan keresahan masyarakat di Amerika Serikat (AS), Rabu (5/4)

Dalam iklan yang dirilis pada Selasa (4/4), menunjukkan presenter dan model sedang menjalani pemotretan di tengah kerumunan demonstran. Jenner pun melepas wig dan make up-nya ikut bergabung dengan para demonstran

Di tengah-tengah kerumunan, Jenner tampak memberikan sekaleng Pepsi kepada petugas keamanan. Para demonstran yang melihat aksi Jenner bersorak dan memeluk Jenner.

Siapa sangka, ternyata sesi Jenne memberikan sekaleng Pepsi kepada petugas keamanan itu menuai kritik netizen. Iklan dinilai memanfaatkan krisis politik untuk mendapatkan keuntungan. Selain itu, netizen pun menganggap iklan Pepsi terlalu rasis.

"Pepsi berusaha untuk proyek pesan persatuan global, perdamaian dan pengertian," kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan. "Jelas kita merindukan perdamaian, dan kami mohon maaf. Kami tidak bermaksud membuat gaduh di atas masalah yang serius. Kami akan menghapus konten dan menghentikan peluncuran produk Pepsi lebih lanjut,"katanya

Pegiat media sosial mengatakan iklan Pepsi itu meremehkan protes kekerasan anti-polisi selama beberapa tahun terakhir di kota-kota, termasuk Ferguson, Missouri, dan Baltimore saat di mana pembunuhan polisi laki-laki berkulit hitam  dan seorang wanita yang tidak bersenjata.

 Aktivis DeRay McKesson, salah satu suara yang paling terkenal dari gerakan Hitam Lives Matter, mengatakan melalui twitternya. "Pepsi, iklan ini adalah sampah."

Bernice King, putri dari pemimpin hak-hak sipil Martin Luther King Jr, yang tewas 49 tahun yang lalu pada hari debut iklan Pepsinya, melalui twitter berkicau "Kalau saja Daddy akan tahu tentang kekuatan #Pepsi."

Banyak di Twitter mengkritik iklan sebagai plesetan dari gerakan Hitam Lives Materi hari ini, dan beredar 2016 citra Leshia Evans sebagai titik perbandingan. Evans, berdiri pasif dan mengenakan gaun, ditahan oleh polisi anti huru hara selama protes di Baton Rouge, Louisiana, tidak lama setelah penembakan fatal Alton Sterling oleh polisi.

 

KEYWORD :

Kendall Jenner Soda Pepsi Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :