Senin, 20/05/2024 12:27 WIB

Tiga Cara Mengecilkan Perut dengan Mudah

Jaga hidrasi tubuh dengan minimal minum 8 gelas air putih sehari untuk perkecil perut

Tips memperkecil perut ( Foto : Alodokter )

Jakarta, Jurnas.com - Perut kosong yang belum diisi makanan biasanya terasa ringan dan ramping. Berbanding ketika sudah selesai makan, perut jadi agak buncit karena isi lambung yang penuh.

Lantas, bagaimana cara mengecilkan perut supaya tidak buncit ?.

Beberapa cara dilansir dari Healthline, bisa dilakukan untuk membantu mengecilkan perut terutama setelah makan banyak yaitu :

1. Banyak minum air putih

Efek baik dari minum air putih yaitu makanan di dalam usus jadi mudah dicerna dan lebih cepat menjadi tinja supaya segera dibuang agar tidak menumpuk.

2. Tetap aktif bergerak

Cara mengecilkan perut yang buncit yaitu pastikan tetap aktif bergerak, apalagi jika Anda habis makan banyak. Anda boleh duduk sebentar karena merasa kekenyangan, tapi jangan langsung tiduran.

Rebahan atau tiduran sesudah makan dapat mengganggu kinerja lambung, hingga memicu cairan lambung kembali naik ke kerongkongan dan berimbas pada penyakit GERD.

Beberapa saat setelah makan Anda dapat dilakukan seperti berkeliling di sekitar rumah atau membersihkan area bekas makan yang mungkin jadi kotor.

3. Berolahraga

Olahraga setelah makan memang boleh saja dilakukan, asal ada  jeda yang cukup supaya makanan bisa diproses oleh pencernaan, sehingga terhindar dari risiko sakit perut.

Biasanya dibutuhkan waktu jeda sekitar 2-4 jam agar makanan benar-benar berpindah dari perut ke usus kecil. Jenis olahraga yang bisa dipilih yaitu jalan santai tanpa henti selama 15 menit, jogging, atau bersepeda.

KEYWORD :

Tips Perut




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :