Jum'at, 17/05/2024 01:42 WIB

Cawapres Gus Muhaimin Jiarah ke Makam Wali Songo, Sebut Gusdur Sebagai Wali

Calon Wakil Presiden RI Muhaimin Iskandar laksanakan Tour de Wali Songo dan sebut Gus Dur sebagai wali

Cawapres Gus Muhaimin laksanakan Tour de Wali Songo. (Foto: Jurnas/Ira).

Jakarta, Jurnas.com- Calon Wakil Presiden Muhaimin Iskandar (Gus Imin) bersama dengan istri dan juga rombongan dari DPP Parta Kebangkitan Bangsa (PKB) melaksanakan perjalanan Tour de Wali Songo selama tiga hari. Rombongan berangkat darii Jalan Raden Saeh, Cikini, Jakarta Pusat.

Sebelum berangkat, Ketua Umum PKB ini, pada Jumat (8/9/2023) mengatakan tour ini tidak hanya bermakna doa untuk para sesepuh pejuang di Jawa saja, namun juga di seluruh Indonesia. Gus Imin merasa, keberangkatan tour ini sangat berbeda dari tour yang memang menjadi rutinitas tahunannya mengunjungi makam Wali Songo. Sebab dirinya telah dipercaya untuk menjadi calon wakil presiden dari Anies Baswedan.

“Ini agenda rutin PKB melaksanakan jiarah ke makam Wali Songo. Saya merasa, tour kali ini ada yang berbeda. Ini tour religi dengan penuh doa dan harapan,” kata Gus Imin.

Gus Imin juga menyebut sosok Presiden Keempat RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur sebagai wali paling kontekstual dalam perjalanan hidupnya. Gus Dur dapat dijadikan sebagai teladan yang baik.

"Harus terus menjadi pewaris perjuangan mereka. Dan wali sembilan ini ditambah satu wali lagi, Gus Dur Insya Allah menjadi wali yang paling kontekstual karena mengabdikan dirinya untuk bangsa dan rakyatnya, amin," ungkap Gus Imin.

"Kita ingin bersama-sama menjadikan bangsa ini punya karakter, yang menjadikan bangsa ini tidak berpecah belah. Bayangkan Islam datang masuk dari Arab dengan kekhasannya yang berbeda dengan Jawa yang tidak benturan," ucapnya.

"Dan akhirnya Islam berkembang tanpa peperangan, tanpa benturan. Memang ada tahapan-tahapan asimilasi yang kuat. Inilah yang menjadi spirit kita `Tour de Wali Songo`," sambung Gus Imin.

"Dengan mengucap Bismillahirohmanirohim maka `Tour de Wali Songo` secara resmi kita berangkatkan," doa Gus Imin diamini para rombongan.

KEYWORD :

Gus Imin Muhaimin Iskandar Cawapres Gus Dur Wali Songo Anies Baswedan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :