Minggu, 19/05/2024 01:07 WIB

Biden Kecewa Xi Jinping Tidak akan Hadiri KTT G20 India

Joe Biden kecewa terhadap Presiden Tiongkok, Xi Jinping karena tidak menghadiri pertemuan puncak para pemimpin G20 di India.

Presiden AS Joe Biden minggu ini berbicara dengan Presiden China Xi Jinping dalam pertemuan puncak virtual. (File foto: AFP/Mandel Ngan)

JAKARTA, Jurnas.com - Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden mengatakan kecewa karena Presiden Tiongkok, Xi Jinping tidak menghadiri pertemuan puncak para pemimpin G20 di India.

Meski demikian, dia mengatakan akan bertemu dengan pemimpin yang berusia 69 tahun tersebut. "Saya kecewa, tapi saya akan menemuinya," kata Biden kepada wartawan di Pantai Rehoboth, Delaware, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Biden akan mengunjungi India pada tanggal 7 hingga 10 September untuk menghadiri pertemuan puncak negara-negara Kelompok 20, diikuti dengan perjalanan ke Vietnam ketika pemerintahannya berupaya memperkuat hubungan AS di Asia.

Xi kemungkinan besar tidak akan menghadiri pertemuan puncak tersebut dan Perdana Menteri Tiongkok Li Qiang diperkirakan akan mewakili Beijing pada pertemuan di New Delhi, menurut sumber yang mengetahui masalah tersebut kepada Reuters.

Ketika ditanya apakah dia menantikan perjalanannya, Biden menjawab, "Ya, saya menantikannya."

"Saya ingin lebih banyak koordinasi. Saya pikir mereka berdua (India dan Vietnam) menginginkan hubungan yang lebih dekat dengan Amerika Serikat dan itu bisa sangat membantu," kata Biden.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Joe Biden Perang Dingin China AS Xi Jinping KTT G20 India




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :