Jum'at, 17/05/2024 06:59 WIB

Legislator PKB Sebut Pemberian Benih Pohon Gratis PR KLHK

PR KLHK tentu harus memperbanyak benih pohon yang bagus untuk dibagikan secara gratis kepada masyarakat. Begitu juga dengan perusahaan yang ada di Ibu Kota untuk mengeluarkan CSR-nya untuk mendanai penghijauan kota-kota.

Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi PKB, Daniel Johan. (Foto: Parlementaria)

Jakarta, Jurnas.com - Anggota Komisi IV DPR Daniel Johan menyebut pemberian benih pohon gratis untuk masyarakat menjadi pekerjaan rumah (PR) yang harus segera di tuntaskan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan perusahaan.

Politikus PKB ini mengatakan, penanaman pohon diyakini menjadi salah satu langkah konkret mengatasi polusi udara di Tanah Air, khususnya di Jakarta. KLHK dan perusahaan di Ibu Kota diminta segera melakukan penghijauan.

"PR KLHK tentu harus memperbanyak benih pohon yang bagus untuk dibagikan secara gratis kepada masyarakat. Begitu juga dengan perusahaan yang ada di Ibu Kota untuk mengeluarkan CSR-nya untuk mendanai penghijauan kota-kota," kata Daniel kepada wartawan, Kamis (31/8).

Daniel mengaku sepakat dengan instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mewajibkan perusahaan menanam pohon demi mengurangi polusi di Jakarta. Tak hanya perusahaan, Daniel bahkan mendorong agar penanaman pohin juga dilakukan di jalan-jalan Ibu Kota.

"Langkah dan ajakan yang baik yang sangat tepat dan harus didukung. Bukan hanya di kantor tapi juga pekarangan-pekarangan rumah dan gedung-gedung harus punya pohon yang mampu menyerap karbon. Termasuk di jalan-jalan raya yang memungkinkan ditanam pohon juga sangat baik dilakukan," kata Daniel.

Bagi Daniel instruksi Jokowi sudah tepat. Seruan Kepala Negara itu bahkan diyakini berdampak baik untuk udara dan kesehatan lingkungan masyarakat.

"Tentu saya sebagai anggota Komisi IV dari F-PKB akan mendorong agar anggaran untuk penghijauan bisa ditingkatkan," kata dia.

Di samping dari itu, Daniel memastikan Komisi IV akan membahas penanganan masalah lingkungan yang terjadi belakangan ini termasuk kebakaran hutan di beberapa daerah dengan Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar hari ini.

"Komisi IV akan melakukan raker dengan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada tanggal 31 Agustus 2023 dan akan fokus pada penanganan masalah lingkungan yang menjadi perhatian dalam beberapa minggu terakhir, terutama dengan kualitas udara di DKI yang buruk dan masalah kebakaran hutan dan lahan di berbagai daerah," ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi meminta penanaman pohon diperbanyak demi mengurangi polusi di DKI Jakarta. Perusahaan diwajibkan menanam pohon di halaman kantornya.

"Perpindahan dari transportasi pribadi ke transportasi publik, ke transportasi massal. Penanaman pohon yang sebanyak-banyaknya, di kantor-kantor, di halaman kantor-kantor, memang belum ada pohonnya, diwajibkan dan diharuskan," kata Jokowi beberapa waktu lalu.

 

KEYWORD :

Warta DPR Komisi IV Daniel Johan PKB benih pohon gratis KLHK




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :