Jum'at, 17/05/2024 15:40 WIB

Bos Wagner Yevgeny Prigozhin Tewas Dalam Kecelakaan Pesawat

Kabar kematian itu dilaporkan saluran Telegram yang berafiliasi dengan kelompok tentara bayaran Wagner.

Kepala tentara bayaran Rusia Yevgeny Prigozhin. (File foto: Reuters)

JAKARTA, Jurnas.com - Kepala tentara bayaran Rusia, Yevgeny Prigozhin tewas. Hal itu dilaporkan saluran Telegram yang berafiliasi dengan kelompok tentara bayaran Wagner pada Rabu (23/8).

"Kepala Grup Wagner, Pahlawan Rusia, patriot sejati Tanah Airnya – Yevgeny Viktorovich Prigozhin meninggal akibat tindakan pengkhianat Rusia," kata sebuah unggahan di saluran Grey Zone.

"Tetapi bahkan di Neraka, dia akan menjadi yang terbaik! Kemuliaan bagi Rusia!," sambungnya.

Komandan Wagner Dmitry Utkin juga berada di pesawat tersebut, kata otoritas penerbangan sipil Rusia Rosaviatsia.

Investigasi telah diluncurkan terhadap kecelakaan pesawat Embraer yang terjadi di wilayah Tver.

Kementerian Situasi Darurat Rusia mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa sebuah pesawat pribadi Embraer Legacy yang melakukan perjalanan dari Moskow ke St. Petersburg jatuh di dekat desa Kuzhenkino di Wilayah Tver.

Dikatakan bahwa 10 orang berada di dalamnya, termasuk tiga awak kapal. Tidak ada yang selamat.

Prigozhin, 62 tahun, mempelopori pemberontakan melawan petinggi militer Rusia pada 23-24 Juni yang menurut Presiden Vladimir Putin dapat memicu perang saudara di Rusia.

Pemberontakan itu diakhiri dengan negosiasi dan kesepakatan Kremlin yang membuat Prigozhin setuju untuk pindah ke negara tetangga Belarus. Namun dia tampak bebas bergerak di Rusia setelah kesepakatan itu.

Prigozhin, yang berusaha menggulingkan Menteri Pertahanan Sergei Shoigu dan Valery Gerasimov, kepala staf umum, pada hari Senin mengunggah sebuah video yang menurutnya diambil di Afrika.

Seorang pembantu senior kepresidenan Ukraina mengatakan bahwa jatuhnya pesawat yang diterbangkan oleh pemimpin Wagner Prigozhin adalah sinyal dari Kremlin.

"Penghapusan secara demonstratif Prigozhin dan komando Wagner dua bulan setelah upaya kudeta merupakan sinyal dari Putin kepada elit Rusia menjelang pemilu 2024. `Awas! Ketidaksetiaan sama dengan kematian’," tulis asisten presiden Ukraina Mykhaylo Podolyak di media sosial.

Sumber: Al Arabiya

KEYWORD :

Kecelakaan Pesawat Bos Wagner Yevgeny Prigozhin Vladimir Putin




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :