Kamis, 09/05/2024 23:20 WIB

Ginjal Babi Berfungsi dalam Tubuh Manusia

Tonggak sejarah itu adalah ginjal babi terlama yang berfungsi pada seseorang, meskipun sudah meninggal.

Direktur Institut Transplantasi NYU Langone, Robert Montgomery menyiapkan ginjal babi untuk transplantasi ke orang mati otak di New York pada 14 Juli (Foto Shelby Lum / AP)

JAKARTA, Jurnas.com - Para ahli bedah di Amerika Serikat (AS) telah mengumumkan bahwa ginjal babi yang mereka cangkokkan ke dalam tubuh manusia yang mati otak telah berfungsi secara normal selama lebih dari sebulan.

Ahli bedah di Institut Transplantasi NYU Langone mengatakan pada Rabu bahwa tonggak sejarah itu adalah ginjal babi terlama yang berfungsi pada seseorang, meskipun sudah meninggal.

"Kami memiliki ginjal babi yang modifikasi secara genetik bertahan selama lebih dari sebulan pada manusia," kata Direktur Institut Transplantasi NYU Langone, Robert Montgomery kepada wartawan.

Dia mengatakan hasil memberikan "jaminan lebih lanjut" untuk setiap studi masa depan pada pasien yang masih hidup. Ginjal babi telah dimodifikasi secara genetik untuk menghilangkan gen yang menghasilkan biomolekul yang diserang dan ditolak oleh sistem kekebalan tubuh manusia.

"Kami sekarang telah mengumpulkan lebih banyak bukti untuk menunjukkan bahwa, setidaknya di ginjal, hanya menghilangkan gen yang memicu penolakan hiperakut mungkin cukup, bersama dengan obat imunosupresif yang disetujui secara klinis, untuk berhasil mengelola transplantasi pada manusia untuk kinerja yang optimal, berpotensi. dalam jangka panjang," kata Montgomery.

Para ilmuwan berharap bahwa transplantasi lintas spesies dapat membantu memberikan bantuan kepada banyak orang yang sedang menunggu organ yang berpotensi menyelamatkan jiwa.

Lebih dari 103.000 orang di AS saat ini membutuhkan transplantasi organ, 88.000 di antaranya membutuhkan ginjal. Ribuan orang meninggal setiap tahun saat menunggu.

Terobosan hari Rabu dimulai dengan pemindahan ginjal babi ke dalam tubuh Maurice "Mo" Miller, seorang pria yang meninggal mendadak pada usia 57 tahun dan tubuhnya disumbangkan untuk ilmu pengetahuan oleh keluarganya.

Para peneliti mengatakan bahwa mereka akan terus memantau eksperimen tersebut saat memasuki bulan kedua.

Para ilmuwan berharap pada akhirnya berkembang cukup jauh untuk menggunakan organ hewan untuk menyelamatkan manusia yang masih hidup, dan mayat yang disumbangkan untuk penelitian ilmiah memainkan peran penting dalam penelitian dan eksperimen.

"Saya berjuang dengan itu," kata saudara perempuan almarhum, Mary Miller-Duffy, kepada The Associated Press tentang keputusannya untuk berpartisipasi dalam percobaan. "Saya pikir inilah yang diinginkan saudara laki-laki saya. Jadi saya menawarkan saudara laki-laki saya kepada mereka."

"Dia akan ada di buku medis, dan dia akan hidup selamanya," katanya.

Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) sedang mempertimbangkan apakah akan mengizinkan studi kecil dan selektif dari hati dan ginjal babi yang ditransfer ke pasien sukarela.

Keberhasilan seperti eksperimen NYU dapat membantu memajukan upaya tersebut. Pada hari Rabu, University of Alabama di Birmingham juga melaporkan bahwa sepasang ginjal babi telah berfungsi tanpa masalah di tubuh lain yang disumbangkan selama tujuh hari.

Sumber: Al Jazeera

KEYWORD :

Ginjal Babi Amerika Serikat Institut Transplantasi Langone Universitas New York Robert Montgomery




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :