Minggu, 19/05/2024 11:01 WIB

Kejagung Periksa Ayah Menpora Dito Ariotedjo Terkait Korupsi Impor Emas

Arie Prabowo Ariotedjo diperiksa dalam kapasitasnya sebagai mantan Direktur PT Aneka Tambang (Antam), Tbk.

Menpora Dito Ariotedjo usai diperiksa oleh Kejaksaan Agung (Kejagung). (Foto: Gery/Jurnas).

Jakarta, Jurnas.com - Penyidik Jaksa Agung Muda Tindak Pindana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung (Kejagung) memeriksa empat saksi dalam kasus dugaan korupsi terkait pengelolaan komoditi emas periode 2010-2022.

Mereka yang diperiksa ialah ayah dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo, Arie Prabowo Ariotedjo. Dia diperiksa dalam kapasitasnya sebagai mantan Direktur PT Aneka Tambang (Antam), Tbk.

"Memeriksa empat orang saksi, terkait dengan perkara dugaan tindak pidana korupsi pada pengelolaan kegiatan usaha komoditi emas tahun 2010 sampai dengan 2022," kata Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Ketut Sumedana dalam keterangannya, Jumat (11/8).

Selain Arie Prabowo, penyidik Kejagung juga memeriksa B selaku Kepala Seksi Non Perizinan P2T Dinas Penanaman Modal Provinsi Jawa Timur Tahun 2015-2016.

Kemudian, A selaku Kepala Bidang Penanaman Modal Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi Kabupaten Sidoarjo, serta MA selaku Pegawai Negeri Sipil pada Direktorat Jenderal Bea dan Cukai pada Kementerian Keuangan. 

"Pemeriksaan saksi dilakukan untuk memperkuat pembuktian dan melengkapi pemberkasan dalam perkara dimaksud," kata Ketut.

Kendati demikian, Ketut tidak menjelaskan secara rinci mengenai materi yang didalami penyidik terhadap ayah Menpora Dito dan tiga saksi lainnya.

Namun setiap saksi yang dipanggil, diduga kuat mengetahui banyak ihwal kasus korupsi yang sedang diusut Kejagung.

Untuk diketahui, Kejaksaan Agung (Kejagung) tengah mengusut kasus dugaan korupsi komofitas emas tahun 2010 sampai dengan 2022.

Tim penyidik Korps Adhyaksa juga masih secara pararel melakukan penyidikan perkara serupa di PT Aneka Tambang (Antam).

Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Pidana Khusus Kejagung Kuntadi mengatakan dua kasus tersebut berada di penyidikan yang berbeda. Meski begitu, pihaknya berupaya mendalami temuan fakta yang ada.

KEYWORD :

Kejagung Korupso Impor Emas Antam Menpora Diro Ariotedjo




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :