Rabu, 01/05/2024 08:28 WIB

Gantikan Candra Darusman, Yovie Widianto Resmi Menjadi Ketua FESMI

Yovie Widianto resmi menjadi Ketua Umum FESMI sebuah organisasi profesi musisi.

Yovie Widianto terpilih menjadi Ketua FESMI menggantikan Ketua Sebelumnya Candra Darusman. (Foto: Jurnas/Ira).

Jakarta, Jurnas.com- Organisasi profesi musisi, Federasi Serikat Musisi Indonesia  (FESMI) memilih Yovie Widianto sebagai Ketua Umum periode 2023 - 2026. Yovie Widianto resmi menggantikan ketua terdahulunya Candra Darusman. Ia dipilih oleh 8  pimpinan serikat musisi daerah yang tergabung, sebagai pemilik hak suara. Pemilihan dilakukan melalui  mekanisme kongres kedua FESMI di Mula Coworking Space, Cilandak Town Square, Jakarta Selatan, pada  hari Kamis, 10 Agustus 2023.

FESMI adalah organisasi profesi musisi yang menjadi wadah bagi serikat profesi musisi di daerah yang tergabung di dalamnya, dalam upaya memperjuangkan perlindungan dan pemberdayaan profesi musisi di Tanah Air. Adapun serikat musisi daerah yang tergabung secara resmi adalah SMI (Serikat Musisi  Indonesia) Sumatera Utara, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DIY, dan Kalimantan Timur.

Kongres kedua dilaksanakan sebagai bentuk pertanggungjawaban organisasi terhadap peraturan perundangan, sebagai momen konsolidasi dan komunikasi antar kepengurusan pusat dan daerah, dan sebagai momen regenerasi kepemimpinan.

"Bersama dengan kepengurusan yg dipercayakan kepada saya kali ini, saya harap semua pihak yang ada di dalam FESMI dan SMI bisa bersama-sama saling bahu membahu dalam perjuangan untuk  perbaikan profesi musisi terutama dalam konteks ekonomi, kesempatan, dan banyak hal baik lainnya. Mohon  doa dan dukungannya agar saya amanah dan bisa jadi berkah untuk sebanyak mungkin yg terkait,” kata Yovie Widianto, Kamis (10/8/2023).

Layaknya organisasi tentu butuh banyak dana untuk menjalankan roda organisasi. Namun Yovie mengaku tak khawatir.

“Ya betul sekali jalannya organisasi tentu dengan adanya dana yang cukup ya, tetapi Insya Allah aman, kita  akan menjejaki berbagai kemungkinan Kerjasama baik dengan pemerintah terkait maupun dengan pihak swasta, “ lanjut Yovie.

Dalam kesempatan yang sama Candra Darusman menilai Yovie Widianto adalah orang yang tepat meimpin FESMI .

“Yovie ini sosok yang tepat untuk memimpin FESMI, lebih milenial lah, bahasa saya sering nggak masuk jika dicerna anak-anak milenial, nah kalau Yovie ini pas. Jadi intinya ada regenerasi lah,” kata Candra Darusman.

Lebih lanjut Candra mengucapkan terima kasih kepada para pengurus dan semua pihak yang telah membantu FESMI selama 3 tahun dibawah kepemimpinannya.

"Saya mengucapkan terimakasih dan suatu kehormatan mendapat amanah memimpin FESMI selama 3 tahun bersama  rekan-rekanp pengurus yang sangat peduli pada peningkatan harkat profesi musisi. Tapi tiba saatnya perlunya  regenerasi. Saya, dan para musisi, menaruh harapan yang besar terhadap sosok Yovie Widianto yang selain  pintar juga memiliki jiwa ´leadership’ yang baik. Selamat bertugas Ketua Umum baru, dan semoga FESMI  semakin jaya’" ujar Candra Darusman.

Bambang Suprayogi dari perwakilan Serikat Musisi Indonesia Jawa Tengah  juga turut menaruh harapan dengan terpilihnya Yovie Widianto ini.

"Saya harap kepengurusan baru ini bisa berkomunikasi lebih baik dengan daerah, sehingga  tantangan yang terjadi di daerah bisa diketahui oleh pusat dan dari situ semoga bisa muncul solusi solusi alternatif yang bisa dicapai" ujar Bambang Suprayogi, pimpinan Serikat Musisi Indonesia Jawa Tengah.

Didukung oleh BPJS Ketenagakerjaan, KCI, LMK PAPPRI, Musicblast.Id, ARDI, SMI, AMI, LMKN, YWMF, dan KEINA Creative, kongres kedua ini tidak hanya dihadiri oleh seluruh tim internal organisasi, namun juga turut dihadiri oleh Dirjen Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja, Ibu  Indah Anggoro Putri, M.Bus. beserta jajaran.

Turut hadir Kepala Bekraf 2015-2019 Triawan Munaf, perwakilan pengurus pengurus Lembaga Manajemen Kolektif, pimpinan PHRI (Perhimpunan Hotel Restoran Indonesia) Bpk.  Hariyadi Sukamdani beserta jajaran, sekjen PAPPRI (Persatuan Artis Penyanyi Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia) Dwiki Dharmawan, dan sekjen AMPLI (Asosiasi Musisi Pencipta Lagu) Endah Widiastuti.
Seusai hasil kongres, Yovie Widianto akan diberikan waktu untuk menyusun tim kepengurusan dan segera menggerakkan kembali kerja organisasi.
 
 

KEYWORD :

Yovie Widianto Candra Darusman FESMI Ketua




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :