Sabtu, 01/06/2024 15:45 WIB

Roket Bulan Rusia Siap Meluncur, Warga Dievakuasi

Roket Bulan Rusia Siap Meluncur, Warga Dievakuasi

Penampakan bulan (File: Luis Acosta/AFP)

Moskow, Jurnas.com - Rusia akan mulai mengevakuasi warga yang berlokasi di dekat peluncuran roket ke Bulan. Ini merupakan misi pendaratan pertama Moskow dalam 50 tahun terakhir.

Roket Luna-25 yang pertama sejak 1976, akan diluncurkan dari Kosmodrom Vostochny, sekitar 3.450 mil (5.550 km) timur Moskow, menurut keterangan badan antariksa Rusia, Roscosmos.

"Luna-25 akan diluncurkan dengan pendorong Soyuz-2 Fregat dan akan menjadi pendarat pertama yang tiba di Kutub Selatan bulan," kata Roscosmos.

Dikutip dari Reuters pada Senin (7/8), penduduk Shakhtinskyi di wilayah Khabarovsk Rusia, sebelah tenggara lokasi peluncuran, akan dievakuasi pada 11 Agustus pagi. Karena, desa itu terletak di area jatuhnya roket pendorong.

"Mulut sungai Umalta, Ussamakh, Lepikan, Tastakh, Saganar dan area penyeberangan feri di Sungai Bureya termasuk dalam zona jatuh (penguat) yang diprediksi," terang Kepala Distrik Verkhnebureinskyi, Alexei Maslov.

Tujuan utama misi ini adalah pengembangan teknologi pendaratan lunak, penelitian struktur internal Bulan, dan eksplorasi sumber daya, termasuk air. Dan Luna-25 ditargetkan beroperasi di permukaan bulan selama satu tahun.

KEYWORD :

Luna-25 Roket Bulan Rusia Misi Antariksa




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :