Sabtu, 18/05/2024 20:14 WIB

Limbah Nuklir Fukushima Mulai Dibuang Akhir Agustus

Limbah Nuklir Fukushima Mulai Dibuang Akhir Agustus

Pembangkit listrik Fukushima (Foto: AFP)

Tokyo, Jurnas.com - Jepang berencana mulai melepaskan limbah radioaktif dari Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Fukushima, paling cepat pada akhir Agustus ini. PLTN tersebut saat ini tidak berfungsi pasca terkena terjangan tsunami pada 2011 silam.

Dikutip dari Reuters pada Senin (7/8), Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida pasca bertemu dengan Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden dan Presiden Korea Selatan, Yoon Suk Yeol menjelaskan, bahwa pelepasan air limbah relatif aman.

"Belum ada tanggal spesifik untuk membuang air yang telah diputuskan," kata juru bicara pemerintah, Hirokazu Matsuno kepada awak media dalam sesi konferensi pers.

Regulator nuklir Jepang bulan lalu memberikan persetujuan untuk operator pembangkit listrik Tokyo Electric Power (9501.T) untuk mulai melepaskan air.

Jepang dan Badan Energi Atom Internasional memastikan pelepasan air itu aman. Namun, rencana ini ditolak oleh negara-negara terdekat karena khawatir dapat mencemari makanan.

Penangkapan ikan dengan pukat bawah dijadwalkan akan dimulai di Fukushima, timur laut Tokyo pada September mendatang. Pemerintah juga berencana memulai melakukan pelepasan air sebelum musim penangkapan ikan dimulai, menurut surat kabar Jepang, Asahi Shimbun.

KEYWORD :

Limbah Nuklir PLTN Fukushima Jepang




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :