Minggu, 28/04/2024 18:44 WIB

Ketua MPR Dukung Kerjasama Produksi Motor Listrik Indonesia - Korea

Ketua MPR Dukung Kerjasama Produksi Motor Listrik Indonesia - Korea

Ketua MPR, Bambang Soesatyo menerima Chairman Korea-Indonesia Association Mr. Johnny Park, di Jakarta, Senin (26/6/23). (Foto: Humas MPR)

Jakarta, Jurnas.com - Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengapresiasi rencana investasi Korea Selatan yang dilakukan Chairman Korea-Indonesia Association Mr. Johnny Park dengan PT BDER Ventures Indonesia, untuk memproduksi motor listrik Korea - Indonesia (MORINDO) dan baterai listrik di daerah Gunung Putri, Kabupaten Bogor. Memanfaatkan lahan sekitar 3.6 hektar, menyerap seribu lebih tenaga kerja, dengan nilai investasi diperkirakan mencapai USD 30 juta.

"Motor listrik yang diproduksi berbagai tipe dan harga, start mulai Rp 12 juta sehingga terjangkau oleh masyarakat. Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) mencapai 40 persen. Ditargetkan Oktober 2023 sudah mulai bisa perakitan. Sehingga selain membuka banyak lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar Gunung Putri, juga bisa semakin menggairahkan industri kendaraan listrik di Indonesia," ujar Bamsoet usai menerima Chairman Korea-Indonesia Association Mr. Johnny Park, di Jakarta, Senin (26/6/23).

Bamsoet menjelaskan, kerjasama Korea Selatan dengan PT BDER Ventures Indonesia tersebut juga sebagai dukungan merealisasikan target Presiden Joko Widodo yang mencanangkan pada tahun 2030 nanti, Indonesia sudah bisa memproduksi sendiri 2,45 juta unit motor listrik. Sekaligus dukungan terhadap langkah Presiden Joko Widodo yang menargetkan jumlah motor listrik di Indonesia pada tahun 2025 bisa menembus 2 juta unit, dan pada tahun 2030 mencapai 13 juta unit.

"Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia (Aismoli) melaporkan per Februari 2023, sudah ada 52 unit pabrikan dengan 282 model motor listrik yang siap diproduksi. Hingga Februari 2023, setidaknya sudah ada 30.837 unit sepeda motor listrik yang beroperasi di jalan raya Indonesia. Potensi pemasarannya masih sangat besar, mengingat hingga akhir tahun 2022 lalu, jumlah sepeda motor berbahan bakar minyak yang beroperasi di Indonesia sudah mencapai 125 juta unit," jelas Bamsoet.

Bamsoet menerangkan, Chairman Korea - Indonesia Association Mr. Johnny Park juga sudah berinvestasi di sektor perhotelan melalui Hotel Java Palace di kawasan Jababeka, Kabupaten Bekasi, serta berinvestasi di sektor logistics/warehousing melalui PT Hub. Global Logistik. Selain juga telah berinvestasi di daerah Gunung Putri, Kabupaten Bogor melalui PT Busana Prima Global yang bergerak di sektor garment manufacturing, menyerap sekitar 2 ribu tenaga kerja Indonesia untuk memproduksi jersey berbagai klub Liga Premier Inggris.

"Maraknya investasi dari Korea Selatan tersebut membuktikan bahwa Indonesia sangat ramah terhadap investasi. Tercatat setidaknya hingga saat ini terdapat 2.800 perusahaan asal Korea Selatan yang berinvestasi di Indonesia, serta menyerap sekitar 700 ribu tenaga kerja asal Indonesia. Dari mulai Hyundai Motor Company hingga berbagai pabrik yang memproduksi rambut palsu dan bulu mata palsu dengan kualitas ekspor dunia yang terdapat di Kabupaten Purbalingga," pungkas Bamsoet.

KEYWORD :

Kinerja MPR Bambang Soesatyo Motor Listrik Korea Selatan Investasi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :