Jum'at, 17/05/2024 20:42 WIB

Mantan Ahli Strategi Presiden Vladimir Putin Desak Diakhirinya Kelompok Tentara Bayaran

Perusahaan militer swasta adalah ide yang diimpor dari Amerika Serikat (AS), diciptakan untuk terlibat dalam perang proksi.

Pejuang kelompok tentara bayaran swasta Wagner menarik diri dari markas Distrik Militer Selatan untuk kembali ke pangkalan, di kota Rostov-on-Don, Rusia, pada 24 Juni 2023. (Foto: REUTERS/Stringer)

JAKARTA, Jurnas.com - Bekas ahli strategi Presiden Vladimir Putin mendesak diakhirinya kelompok tentara bayaran di Rusia setelah pemberontakan oleh milisi Wagner Yevgeny Prigozhin, memperingatkan bahwa mereka mengganggu rantai komando.

Vladislav Surkov, yang dulu dikenal sebagai `dalang` Kremlin oleh teman dan musuh, mengatakan perusahaan militer swasta adalah ide yang diimpor dari Amerika Serikat (AS), diciptakan untuk terlibat dalam perang proksi.

"Bagaimana sebuah unit militer bisa bersifat pribadi dalam pemahaman kami? Ini sama sekali tidak sesuai dengan budaya politik, manajerial, dan militer Rusia," kata Surkov, yang meninggalkan Kremlin pada tahun 2020, dalam sebuah wawancara yang diterbitkan oleh rekannya Alexei Chesnakov.

Kelompok-kelompok seperti itu, kata Surkov, berisiko mengubah Rusia menjadi "semacam zona kesukuan Eurasia" sambil membagi komando angkatan bersenjata saat Rusia melawan apa yang disebut Kremlin sebagai "operasi militer khusus" (SVO) di Ukraina.

"Mengapa kita membutuhkan mereka hari ini ketika kita berpartisipasi secara terbuka dalam pertempuran untuk Ukraina? Ini bukan perang proksi, ini SVO," kata Surkov.

"Tentara harus diperkuat tidak hanya dengan senjata, tetapi juga dengan kesatuan komando," sambungnya.

Sebagai wakil kepala pertama pemerintahan Kremlin dari 1999 hingga 2011, Surkov membantu Putin membentuk sistem politiknya yang dikontrol ketat. Dia kemudian bekerja di pemerintahan dan kemudian kembali ke Kremlin sebagai penasihat Putin.

Dia menyebut Prigozhin sebagai "oligarki", merinci masa lalu kriminal tentara bayaran di St Petersburg.

Pada tahun 1981, dalam usia 20 tahun, Prigozhin dijatuhi hukuman 13 tahun penjara karena perampokan dan penyerangan, termasuk mencekik seorang wanita hingga pingsan, menurut dokumen pengadilan saat itu.

Hanya itu yang perlu Anda ketahui tentang Prigozhin, kata Surkov.

Prigozhin mengatakan pada hari Senin bahwa pemberontakan satu hari oleh pasukan Wagnernya dimaksudkan bukan untuk menggulingkan pemerintah Rusia tetapi untuk mendaftarkan protes atas apa yang dia katakan sebagai tindakan perang yang tidak efektif di Ukraina.

Prigozhin bulan lalu mengatakan julukannya "koki Putin" bodoh karena dia tidak bisa memasak, menyindir bahwa "tukang daging Putin" mungkin lebih tepat.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Pemberontakan Wagner Tentara Bayaran Rusia Vladislav Surkov Vladimir Putin




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :