Rabu, 08/05/2024 03:26 WIB

Galau Pilih Kampus? 10 Hal Ini Bisa Jadi Pertimbangan

Simak apa saja hal yang harus diperhatikan saat memilih kampus

Ilustrasi seleksi perguruan tinggi (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Memilih perguruan tinggi merupakan perkara yang mudah-mudah sulit. Tak jarang, calon mahasiswa dibuat galau dengan berbagai pilihan kampus.

Jika saat ini Anda mengalami hal demikian, yuk simak apa saja hal yang harus diperhatikan saat memilih kampus:

1. Ketahui Minat dan Bakat

Ikuti tes peminatan untuk mengetahui minat dan bakat kamu. Dari sini kamu bisa mempertimbangkan ingin melanjutkan studi ke mana. Selain itu tes peminatan biasanya menjelaskan secara baik karakteristik dan potensi diri kamu.

Dari hasil tes tersebut pertimbangkan dengan baik program studi apa yang dapat memaksimalkan potensi kamu. Misalnya, kamu memiliki bakat dalam menulis dan juga aktif dalam berinteraksi, maka kamu akan lebih cocok melanjutkan studi di bidang komunikasi. Mengetahui minat dan bakat ini dapat memberikan kamu perspektif yang jelas tentang karir yang ingin kamu jalani kelak.

Mengikuti minat dan bakat juga bermanfaat untuk perkembangan diri, kamu dapat mengikuti kegiatan kemahasiswaan yang menarik minat dan bakat kamu. Dengan begitu kamu bisa mengembangkan soft skill dan hard skill, hal itu yang membuat kamu punya kompetensi yang baik dan kompetitif di dunia kerja nantinya.

2. Akreditasi Kampus

Pastinya banyak yang ingin kuliah di kampus paling bergengsi, namun tidak melulu soal gengsi lho. Kampus yang memiliki nama baik pasti memiliki akreditasi yang baik. Buat kamu yang ingin melanjutkan studi, ada baiknya memperhatikan akreditasi kampus yang diminati.

Akreditasi merupakan standar yang menggambarkan bagaimana kualitas kampus tersebut. Jadi pastikan perguruan tinggi yang kamu minati memiliki akreditasi yang bagus.

3. Kurikulum Paling Up to Date

Setelah melihat bagaimana akreditasi yang dimiliki kampus yang kamu minati, jangan lupa cek juga kurikulum yang dimilikinya. Di dalam kurikulum terdapat mata pelajaran yang akan kamu pelajari pada proses perkuliahan. Pastikan kampus yang kamu minati memiliki kurikulum yang paling up to date.

Kurikulum yang sesuai dengan perkembangan zaman, bisa membuat kamu mendapatkan pendidikan yang sesuai kebutuhan lapangan kerja. Memberikan kamu bekal yang cukup untuk memasuki dunia kerja. Makanya cari tahu terlebih dahulu apakah universitas yang kamu minati memiliki kurikulum yang up to date.

4. Fasilitas Penunjang

Selain akreditasi dan kurikulum, aspek lainnya yang perlu diperhatikan adalah fasilitas penunjang akademik. Memiliki fasilitas unggulan yang dapat membantu mahasiswa dalam proses belajar, menjadi sebuah keharusan bagi universitas untuk membentuk lulusan yang mampu menjawab tantangan.

Lengkapnya koleksi buku di perpustakaan misalnya, ini mendukung proses belajar kamu apabila sumber pengetahuan dari buku dapat dengan mudah dicari. Selain itu fasilitas yang baik tidak hanya perihal ruang kuliah yang nyaman dan perpustakaan yang lengkap. Namun bisa juga fasilitas ruang terbuka dan fasilitas olahraga.

Dan fasilitas kampus yang baik memberikan pengalaman yang berbeda untuk mahasiswa. Ini mempengaruhi perjalanan belajar mahasiswa, karena ini memberikan dampak langsung kepada kegiatan akademik dan non akademik. Jadi ketahui apa saja fasilitas penunjang yang dimiliki kampus yang kamu minati ya.

5. Kegiatan Kemahasiswaan

Kegiatan mahasiswa di kampus tidak melulu belajar di ruang kelas. Ketahui unit kegiatan mahasiswa dari kampus yang kamu minati. Karena belajar berorganisasi juga merupakan kunci keberhasilan kamu dalam mempersiapkan diri untuk masuk dunia kerja.

Berbagai macam kegiatan kemahasiswaan bisa menjadi pertimbangan kamu, dari klub debat hingga tim bola basket, atau mungkin ikut pagelaran teater dan seni budaya. Isi masa kuliah kamu dengan kegiatan yang bermanfaat ya.

6. Lingkungan Belajar

Dengan kesemua aspek diatas, lingkungan belajar yang kondusif dapat tercipta. Lingkungan belajar secara tidak langsung membentuk budaya belajar yang ada di kampus.

Ketahui bagaimana lingkungan belajar yang ada di kampus yang kamu minati. Lingkungan belajar yang kondusif tentunya akan berdampak positif pada perkembangan diri kamu.

7. Bijak Biaya Kuliah

Setelah mengetahui minat bakat kamu dan universitas yang kamu minati, selanjutnya ketahui kisaran biaya kuliah yang akan kamu pilih. Dari biaya per-semester hingga biaya transportasi dan akomodasi apabila diperlukan.

Jika kampus yang kamu minati berada diluar daerah pastinya harus mempertimbangkan biaya hidup seperti kos dan sebagainya. Akan sangat membantu apabila kampus yang kamu minati memiliki dormitory atau asrama tersendiri sebagai fasilitas unggulan.

8. Program Beasiswa

Tips selanjutnya ketahui apakah kampus yang kamu minati memiliki program beasiswa. Banyak kampus yang menawarkan berbagai program beasiswa untuk calon mahasiswanya. Bahkan ada kampus yang memungkinkan mahasiswanya mengambil double degree melalui jalur beasiswa.

Jadi jangan patah arang dahulu jika kamu terkendala biaya. Sebaiknya cari informasi dan pelajari program beasiswa yang dimiliki kampus yang kamu minati.

9. Peluang Belajar di Luar Negeri

Selain program beasiswa, biasanya di universitas terbaik juga membuka peluang belajar di luar negeri. Buat kamu yang tertarik untuk belajar di luar negeri jangan lewatkan kesempatan ini. Ketahui program students exchange yang ada di kampus yang kamu minati ya.

Universitas-universitas unggulan biasanya memiliki jejaring dan bekerja sama dengan universitas di luar negeri agar dapat membuka peluang mahasiswanya belajar di luar negeri untuk kurung waktu tertentu. Jangan lupa cari tahu informasi tersebut di akun media sosial International Office yang ada di kampus yang kamu minati.

10. Employability Pascalulus

Secara sederhana kamu pasti bertanya-tanya, universitas mana yang menghasilkan lulusan yang paling mudah mendapatkan pekerjaan. Namun sebenarnya yang harus diperhatikan adalah bagaimana universitas tersebut mempersiapkan mahasiswanya dengan baik, yaitu membekali dengan skill yang dibutuhkan dalam bekerja.

Kemampuan untuk menghasilkan lulusan dengan `soft skill` yang dibutuhkan ini membuat sebuah universitas memiliki reputasi yang baik. Universitas tersebut dipercaya membentuk lulusannya sehingga memiliki resiliensi, serta adaptif dan inovatif.

Hal tersebut yang membuat lulusan dari universitas itu lebih menonjol dan siap mengadapi tantangan di masa depan. Di Unika Atma Jaya sendiri kemampuan akademik dibarengi dengan membangun karakteristik yang membuat lulusannya unggul, profesional, dan peduli, serta siap menjadi pemimpin masa depan.

“Sustainability menjadi perspektif Unika Atma Jaya dalam merancang kurikulum. Ini dilakukan untuk membentuk lulusan yang mampu menjawab kebutuhan dengan memperhatikan aspek keberlanjutan,” ujar Rektor Unika Atma Jaya, Dr. Agustinus Prasetyantoko saat dimintai keterangan dalam rangka Dies Natalis ke-63.

Unika Atma Jaya sendiri saat ini merupakan PTS terbaik ke-3 di Indonesia versi QS Asia Rankings 2023. Selain itu Unika Atma Jaya meraih QS Stars unggul dalam aspek employability, pengembangan akademik, kerjasama internasional, hingga inklusivitas.

Itulah 10 hal yang harus kamu ketahui saat memilih perguruan tinggi untuk menimba ilmu dan mempersiapkan masa depan. Semoga masukan ini bermanfaat buat kamu dan membantu kamu untuk menemukan langkah awal yang tepat dalam meraih cita-cita.

KEYWORD :

Kampus Perguruan Tinggi Pendidikan Unika Atma Jaya




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :