Minggu, 28/04/2024 18:29 WIB

Cegah Pungli, Kepala Rutan Kelas I Jakarta Pusat Cek Langsung Petugas Rutan Beri Pelayanan

Cegah adanya pungli saat libur lebaran, Kepala Rutan Kelas I Jakarta Pusat pantau petugas rutan beri pelayanan

Kepala Rutan Kelas I Jakarta Pusat Fauzi Harahap turun ke lapangan memeriksa petugas rutan saat melayani pengunjung. (Foto: Jurnas/dok Humas Ditjenpas.

Jakarta, Jurnas.com- Apa yang dilakukan Kepala Rutan Kelas I Jakarta Pusat Fauzi Harahap bisa menjadi contoh petugas yang lain. Sebab, selama libur lebaran tetap memberikan layanan maksimal, selain fasilitas yang memadai, juga memantau langsung petugas rutan yang melayani pengunjung dan wargabinaan.

Sebab, banyak isu yang beredar bahwa saat mengunjungi napi atau warga binaan di dalam penjara, keluarga kerap dimintai uang atau pungli. Untuk menjawab itu semua, Fauzi pun turun langsung memantau jajarannya bertugas saat libur lebaran.

“Layanan kunjungan khusus idulfitri selama dua hari telah selesai, namun tidak mengendurkan semangat kami dalam memberikan pelayanan kepada pengunjung,” kata Fauzi Harahap kepada wartawan, Rabu (26/4/2023).

Menurut Fauzi, layanan maksimal menjadi motto dari petugas di Rutan Kelas I Jakarta Pusat.

“Layanan kunjungan berjalan dengan baik, yakni tetap mengedepankan pelayanan prima dan keamanan sesuai standar operasional prosedur yang berlaku,” katanya.

Menurut Fauzi, dia sengaja turun langsung memantau layanan kunjungan itu untuk memastikan tak ada pungli.

“Saya coba menjaga dan mengawasi pelayanan bagi masyarakat dan warga binaan agar tidak dipungut biaya,” ujarnya.

Hal ini menjadi penting agar Rutan Kelas I Jakarta Pusat tak tercemar oleh penilaian buruk tersebut. Mengenai jumlah pengunjung, kata Fauzi, pada hari ketiga lebaran mencapai 618 orang, dan pada hari keempat 353 orang.

“Kami tetap komit pada layanan, biar pun libur lebaran tetap maksimal, baik bagi masyarakan maupun warga binaan,” ujarnya.

Untuk kenyamanan pengunjung, Rutan Kelas I Jakarta Pusat menyediakan pendingin ruangan (AC).

“Mereka jadi nyaman saat mengurus pendaftaran, pemeriksaan barang hingga bertemu keluarganya yang ditahan,” katanya.

Rutan Kelas I Jakarta Pusat juga menyediakan jalur khusus bagi penyandang disabilitas yang ingin berkunjung.

“Karena ada keluarga dari warga binan yang memaai kursi roda, ini perlu diperhatikan juga agar mereka bisa bersilaturahmi,” tandasnya.


KEYWORD :

Kepala Rutan Kelas I Jakarta Pusat Cegah Pungli




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :