Jum'at, 17/05/2024 13:37 WIB

Mendikbudristek Minta SD Hapus Tes Calistung dalam PPDB

Mendikbudristek Minta SD Hapus Tes Calistung dalam PPDB

Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim meminta satuan pendidikan SD/MI/sederajat menghapus tes membaca, menulis, menghitung (calistung) dalam seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Hal ini disampaikan dalam peluncuran kebijakan Merdeka Belajar Episode ke-24 pada Selasa (28/3) di Jakarta. Menurut Nadiem, setiap anak memiliki hak untuk mendapatkan layanan pendidikan dasar.

Dalam sambutannya, Nadiem menyebut masih banyak miskonsepsi soal calistung. Tak jarang, calistung dianggap sebagai indikator keberhasilan belajar, sehingga ditetapkan sebagai syarat penerimaan peserta didik.

Padahal, lanjut Mendikbudristek, tes calistung telah dilarang melalui PP Nomor 17 Tahun 2010, tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan; serta Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 1 Tahun 2021, tentang Penerimaan Peserta Didik Baru.

"Masih ada anak-anak yang belum pernah mendapatkan kesempatan belajar di satuan PAUD. Sangat tidak tepat apabila anak diberikan syarat tes calistung untuk dapat mendapatkan layanan pendidikan dasar," tegas Nadiem.

Merdeka Belajar Episode ke-24 juga mendorong SD/MI/sederajat menerapkan masa perkenalan bagi peserta didik baru selama dua minggu pertama. Sekolah dapat memfasilitasi anak serta orang tua untuk berkenalan dengan lingkungan belajar, sehingga peserta didik dapat merasa nyaman dalam kegiatan belajar.

Kemudian, Nadiem juga berharap satuan PAUD dan SD/ MI/ sederajat dapat mengenal peserta didik lebih jauh melalui kegiatan belajar, sehingga pembelajaran yang diberikan dapat lebih tepat sasaran.

"Kenali peserta didik baru dengan menerapkan kegiatan pembelajaran yang memberi informasi tentang kebutuhan belajar. Hargai proses anak yang berbeda-beda, karena membangun kemampuan fondasi perlu dilakukan bertahap," imbau dia.

KEYWORD :

Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim Tes Calistung Baca Tulis Hitung Merdeka Belajar




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :