Kamis, 16/05/2024 04:15 WIB

PM Jepang akan Bertemu Zelenskyy dalam Kunjungan Mendadak ke Kyiv

Kishida adalah pemimpin G7 terakhir yang mengunjungi negara yang dilanda perang itu dan mendapat tekanan yang meningkat untuk melakukan perjalanan itu, karena Jepang menjadi tuan rumah pertemuan puncak kelompok itu Mei ini.

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida (Foto: BBC)

JAKARTA, Jurnas.com - Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida akan bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy selama kunjungan mendadak ke Kyiv pada Selasa (21/3) untuk menawarkan solidaritas dan dukungan tak tergoyahkan.

Kishida adalah pemimpin G7 terakhir yang mengunjungi negara yang dilanda perang itu dan mendapat tekanan yang meningkat untuk melakukan perjalanan itu, karena Jepang menjadi tuan rumah pertemuan puncak kelompok itu Mei ini.

Dia telah berulang kali mengatakan bahwa kunjungan ke Kyiv sedang dipertimbangkan, meskipun tantangan keamanan dan logistik dilaporkan menjadi kendala utama.

Kishida berada di India pada hari Senin dan diharapkan untuk kembali ke Tokyo, tetapi malah terbang ke Polandia, di mana dia dilaporkan naik kereta api untuk menyeberang ke Ukraina.

Dia akan menyatakan "menghormati keberanian dan ketekunan rakyat Ukraina" dan menawarkan "solidaritas dan dukungan tak tergoyahkan untuk Ukraina Jepang dan G7, yang diketuai oleh Jepang," kata kementerian luar negeri.

Kishida diperkirakan akan kembali ke Polandia untuk pertemuan puncak pada hari Rabu, kata kementerian luar negeri, sebelum tiba kembali di Tokyo pada hari Kamis.

Berita perjalanan itu pertama kali dilaporkan oleh media Jepang, termasuk penyiar nasional NHK, yang reporternya di Polandia memfilmkan sebuah mobil yang membawa perdana menteri di kota Przemysl, dari mana para pemimpin asing sering naik kereta api ke Ukraina.

Kishida menjadi satu-satunya pemimpin G7 yang tidak mengunjungi Kyiv setelah Presiden AS Joe Biden secara mengejutkan berhenti untuk bertemu Zelenskyy pada Februari.

Namun pejabat Jepang dilaporkan mengkhawatirkan risiko keamanan perjalanan Kishida, yang menjadi perdana menteri Jepang pertama yang mengunjungi zona perang aktif sejak Perang Dunia II.

Perjalanannya datang dengan Presiden China Xi Jinping mengunjungi Moskow untuk berbicara dengan pemimpin Rusia Vladimir Putin, dengan konflik Ukraina menjadi agenda utama.

Jepang telah bergabung dengan sekutu Barat dalam memberikan sanksi kepada Rusia atas invasinya ke Ukraina, sambil menawarkan dukungan kepada Kyiv.

Itu juga mengambil langkah langka dengan mengirimkan peralatan pertahanan dan menawarkan perlindungan bagi mereka yang melarikan diri dari konflik.

Akan tetapi, dia tidak menawarkan dukungan militer, karena konstitusi negara pascaperang membatasi kapasitas militernya hanya untuk tindakan defensif.

Kishida memperingatkan dalam pidatonya tahun lalu bahwa "Ukraina hari ini mungkin menjadi Asia Timur besok", seiring meningkatnya kekhawatiran bahwa China dapat menginvasi Taiwan yang demokratis dan berpemerintahan sendiri.

Dan pada bulan Desember, ketika Jepang merombak kebijakan pertahanan utamanya, pemerintah secara eksplisit memperingatkan bahwa China merupakan "tantangan strategis terbesar yang pernah ada" terhadap keamanannya.

Dalam perombakan pertahanan terbesarnya dalam beberapa dasawarsa, Jepang menetapkan tujuan untuk menggandakan pengeluaran pertahanan ke standar NATO sebesar dua persen dari PDB pada tahun 2027.

Jepang adalah tuan rumah Grup Tujuh negara tahun ini, yang telah mengambil pendekatan bersatu dalam memberikan sanksi kepada Rusia.

Kedua negara akan bertemu untuk pertemuan puncak di Hiroshima pada bulan Mei, yang kabarnya Kishida pertimbangkan untuk mengundang Zelenskyy untuk hadir.

Kishida telah melakukan ledakan diplomatik dalam beberapa hari terakhir, menjamu Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol dan Kanselir Jerman Olaf Scholz di Tokyo sebelum menuju ke New Delhi untuk melakukan pembicaraan dengan Perdana Menteri India Narendra Modi.

Sumber: AFP

KEYWORD :

Fumio Kishida Perang Rusia Ukraina Jepang




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :