Jum'at, 26/04/2024 15:26 WIB

Polisi Pakistan Tangkap Puluhan Pendukung Mantan PM Imran Khan

Puluhan pendukung dan pembantu mantan Perdana Menteri Imran Khan ditangkap dalam penggerebekan di dua kota.

Petugas polisi bentrok dengan pendukung mantan Perdana Menteri Pakistan Imran Khan selama protes di luar Kompleks Peradilan Federal di Islamabad, Pakistan pada 18 Maret 2023. (Foto: Reuters/Akhtar Soomro)

JAKARTA, Jurnas.com - Aparat keamanan Pakistan menangkap puluhan pendukung dan pembantu mantan Perdana Menteri Imran Khan dalam penggerebekan di dua kota sebagai bagian dari tindakan keras terhadap mereka yang terlibat dalam bentrokan baru-baru ini dengan pasukan keamanan.

Pendukung partai Khan, Tehreek-e-Insaf Pakistan (PTI), bentrok dengan polisi di kota Lahore pekan lalu saat mereka berusaha menangkapnya di rumahnya, dan kemudian dengan polisi di Islamabad saat dia tiba untuk menghadap pengadilan pada Sabtu.

"Sekitar 285 pendukung PTI telah ditangkap di Lahore dan Islamabad. Rumah semua pemimpin utama digerebek polisi tadi malam," kata ajudan Khan, Fawad Chaudhry, kepada Reuters.

Khan, mantan bintang kriket, adalah perdana menteri dari 2018 hingga 2022, ketika dia digulingkan dari jabatannya dalam pemungutan suara parlemen. Sejak itu dia menuntut pemilihan cepat dan mengadakan aksi unjuk rasa di seluruh negeri untuk menekan kasusnya.

Penggantinya sebagai perdana menteri, Shehbaz Sharif, telah menolak permintaannya dan mengatakan pemilihan akan diadakan sesuai jadwal akhir tahun ini.

Khan, 70, menghadapi beberapa kasus hukum, termasuk satu kasus yang menyebabkan upaya penangkapannya gagal pada hari Selasa setelah pengadilan mengeluarkan surat perintah penangkapannya karena tidak muncul sebelumnya.

Bentrokan antara pendukung Khan dan pasukan keamanan telah membawa babak baru kekacauan politik ke Pakistan, yang berada di tengah krisis ekonomi yang melumpuhkan.

Khan mengatakan pemerintah dan militer yang kuat berusaha menghentikannya untuk mengikuti pemilihan berikutnya, yang dijadwalkan pada November. Jika terbukti bersalah dalam suatu kasus, Khan dapat menghadapi diskualifikasi dari pemungutan suara.

Baik pemerintah maupun militer menyangkal hal ini.

Polisi di Lahore dan Islamabad mengkonfirmasi penggerebekan dan penangkapan pekerja PTI yang mereka katakan terlibat dalam bentrokan dengan polisi dan pembakaran.

"Polisi menggerebek rumah karena tujuh kasus dengan berbagai tuduhan, termasuk terorisme, telah didaftarkan terhadap para pemimpin dan pekerja," kata kepala polisi Lahore Bilal Kamiana kepada Reuters mengacu pada bentrokan dengan polisi.

Dia mengatakan 125 aktivis telah ditangkap di Lahore, termasuk beberapa pekan lalu.

Di Islamabad, juru bicara polisi 198 pendukung PTI telah ditangkap sehubungan dengan pembakaran dan penyerangan terhadap polisi yang menyebabkan 58 orang terluka dan lebih dari selusin kendaraan, termasuk beberapa mobil polisi, dibakar.

Lebih banyak penggerebekan sedang dilakukan, kata juru bicara itu.

Dia mengatakan polisi juga pergi ke rumah seorang senator PTI, Shibli Faraz, dengan surat perintah penggeledahan, tetapi senator itu tidak ada di rumah.

Khan, dikenang oleh banyak orang karena kesuksesannya sebagai pemain kriket dan kemudian untuk kegiatan amalnya, mendapatkan dukungan yang cukup besar di kalangan pemilih dengan kebijakan konservatif dan nasionalistisnya.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Imran Khan Pakistan Bentrok Polisi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :