Selasa, 23/04/2024 19:04 WIB

Untar Pertahankan Klaster Mandiri untuk Penelitian dan Pengabdian

Klaster mandiri merupakan tingkatan tertinggi, di atas klaster utama, madya, dan utama, dengan tujuan mengidentifikasi, mengukur kinerja, dan mengelompokkan perguruan tinggi.

Mahasiswa Universitas Tarumagara membantu warga memanen kentang (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Universitas Tarumanagara (Untar) berhasil mempertahankan klaster mandiri dalam klasterisasi perguruan tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) berdasarkan kinerja penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Klaster mandiri merupakan tingkatan tertinggi, di atas klaster utama, madya, dan utama, dengan tujuan mengidentifikasi, mengukur kinerja, dan mengelompokkan perguruan tinggi.

Hal ini diharapkan dapat mengakselerasi kinerja perguruan tinggi melalui skema-skema kolaborasi yang menyatukan, dan menyinergikan potensi-potensi antarperguruan tinggi lintas klaster.

Dalam Keputusan Direktur Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat Nomor 0241/E5/DT.06.01/2023 pada 28 Februari 2022 lalu, Untar menjadi salah satu dari dua perguruan tinggi swasta di Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah III, dan masuk 10 perguruan tinggi swasta teratas di Indonesia.

"Masuk Klaster Mandiri menunjukkan bahwa Untar sebagai salah satu PTS terbaik di tanah air. Pencapaian ini dapat diperoleh atas kinerja dosen bersama mahasiswa yang sangat produktif dalam menghasilkan karya-karya berkualitas serta kolaborasi antar perguruan tinggi baik nasional dan internasional," kata Rektor Untar, Agustinus Purna Irawan di Jakarta pada Kamis (9/3) kemarin.

Diketahui, kinerja dalam klasterisasi ini diperhitungkan dari data yang telah diverifikasi dan divalidasi oleh verifikator Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) perguruan tinggi. Data meliputi penulis (author), afiliasi (affiliation), jurnal (journal), penelitian (research), pengabdian kepada masyarakat (community service), kekayaan intelektual (intellectual property rights), dan buku (book).

"Kami akan terus meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian dan pengabdian masyarakat melalui berbagai skema hibah internal dan eksternal berbasis luaran, fasilitasi dosen dan mahasiswa dalam penelitian dan publikasi dengan membangun kolaborasi yang lebih baik lagi bersama dosen, mahasiswa dan semua mitra Untar, baik di dalam maupun di luar negeri," tutup Agustinus.

KEYWORD :

Universitas Tarumanagara Agustinus Purna Irawan Untar Klasterisasi Perguruan Tinggi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :