Kamis, 09/05/2024 04:43 WIB

Buka Tes Bacaleg, Cak Imin Undang Milenial Terjun Politik

Buka Tes Bacaleg, Cak Imin Undang Milenial Terjun Politik

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa, Abdul Muhaimin Iskandar (Foto: Muti/Jurnas.com)

Jakarta, Jurnas.com - Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar mengajak kaum muda dan milenial terjun ke dunia politik, guna memperbaiki perpolitikan Indonesia dewasa ini.

Hal tersebut disampaikan saat membuka Uji Kelayakan Kepatutan (UKK) Bakal Calon Legislatif PKB di Kantor DPP PKB, Jakarta, pada Selasa (21/2) siang.

Muhaimin yang akrab disapa Cak Imin memercayai bahwa perpolitikan nasional bisa berubah menjadi lebih baik, jika orang-orang baik dan orang-orang potensial mau terjun ke politik.

"Saya mengundang jangan Anda sekadar melihat, mengkritisi, mengomeli. Tetapi orang-orang baik, orang-orang kritis, masuk lah ke politik dan perbaiki politik," kata Cak Imin.

Cak Imin menegaskan bahwa PKB terbuka dengan semua kalangan termasuk kaum muda. Apalagi, PKB yang lahir dari rahim Nahdlatul Ulama, sejak awal konsisten memperjuangkan perbaikan nasib bangsa.

"Sejak awal para kiai, para ulama NU, menyatakan PKB memang dari NU, tetapi diartikan sepenuhnya untuk kepentingan rakyat dan panggung buat kaum muda untuk berkarya dan berbuat yang terbaik untuk bangsa dan negara," tegas dia.

Terkait UKK, Cak Imin mengatakan tahapan ini bertujuan menguji kapasitas dan kompetensi para bakal calon legislatif, termasuk melihat potensi yang dimiliki oleh para peserta.

"Kita meninjau potensi yang akhirnya memengaruhi posisi pencalegannya, dan kelak akan diplot di posisi-posisi strategis mana," jelas dia.

Sementara itu, Ketua Lembaga Pemenangan Pemilu (LPP) DPP PKB, Jazilul Fawaid mengatakan bahwa sejauh ini sudah terjaring 969 bakal calon anggota legislatif DPR RI, 2.700 bakal calon anggota DPRD provinsi, dan 19.742 bakal calon anggota DPRD kabupaten/kota.

"PKB membuka pendaftaran calon anggota legislatif secara terbuka. Tidak ada yang ditutup-tutupi, termasuk juga kita mengundang penguji dari luar, agar calon anggota legislatif yang nantinya terdaftar menjadi calon tetap, betul-betul sudah melalui saringan terbuka," ujar Jazilul.

Adapun bakal calon anggota legislatif yang mengikuti UKK pada gelombang satu kali ini berjumlah 120 orang, dan secara bergelombang akan berlanjut pada Maret, sebelum pendaftaran calon legislatif dibuka oleh KPU pada 24 Maret mendatang.

KEYWORD :

Abdul Muhaimin Iskandar Calon Legislatif Milenial Caleg Partai Kebangkitan Bangsa




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :