Rabu, 01/05/2024 03:17 WIB

Jemaah Ngaji Yuk Sambut Ramadan dengan Cara Unik

Kegiatan ini dalam rangka menyambut Ramadan 1443, yang diperkirakan jatuh pada tanggal 23 Maret 2023.

Jemaah Ngaji Yuk. (Foto:Ist)

JAKARTA, Jurnas.com - Sekelompok warga Perumahan GTP Depok yang tergabung dalam majelis ‘Ngaji Yuk’ menggelar program unik, yakni khataman Alquran di alam perdesaan di akhir pekan.

Kegiatan ini dalam rangka menyambut Ramadan 1443, yang diperkirakan jatuh pada tanggal 23 Maret 2023.

"Jika selama ini kami melakukan kegiatan kumpul ngaji rutin di masjid, musholla atau rumah di perumahan Griya Telaga Permai dimana kami tinggal, Ramadan kali ini kami menggelar rihlah dan acara khataman Alquran di suasana perdesaan di Kampung Cengal, Karacak, Leuwiliang, Bogor," kata koordinator jamaah Ngaji Yuk, Gunawan Wibisono.

Gunawan menjelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk memberi suasana berbeda sekaligus kegembiraan bagi jamaah Ngaji Yuk dalam menyambut bulan Ramadan tahun ini, jelas Gunawan.

"Kebetulan ada jemaah Ngaji Yuk yang memiliki rumah di kampung Cengal yang suasana alamnya masih hijau dan dikelilingi suasana pedesaan yang asri," tambah Gunawan.

Kegiatan rihlah (perjalanan dalam menuntut ilmu) dan khataman Alquran ini beragam acara digelar mulai dari membaca Alquran 30 juz secara berjamaah, ceramah keagamaan, diskusi, jalan kaki keliling kampung, dan makan bersama. Sebanyak 30 peserta dibagi bagi dalam membaca Alquran di mana satu peserta membaca 1 juz sehingga secara keseluruhan

Selain itu, peserta mendengarkan ceramah dari Ustadz Farid Nu’man untuk meningkatkan pengetahuan agama jamaah khususnya dalam fiqih ibadah dan muamalah. Para jamaah peserta juga berkesempatan untuk melakukan diskusi dan tanya jawab mengenai beragam hal berkenaan dengan ilmu agama.

Kelompok pengajian Ngaji Yuk merupakan kelompok ngaji di perumahan Griya Telaga Permai yang menekankan pada upaya saling memotivasi dan membantu dalam belajar, memperbaiki dan memperlancar bacaan Alquran secara berjamaah. Kegiatan ngaji jemaah Ngaji Yuk telah berjalan lebih dari lima tahun dan diikuti oleh lebih dari 50 warga perumahan.

Jemaah Ngaji Yuk berkumpul tiap malam Jumat untuk membaca Alquran dan berdiskusi dalam upaya meningkatkan kecintaan jamaah dan warga terhadap Al Alquean dengan membaca memahami dan mengamalkannya.

Bulan Juni 2022, jemaah Ngaji Yuk mengunjungi Masjid Jogokariyan dan Masjid Kauman Yogyakarta untuk melihat bagaimana warga setempat mengelola masjidnya. Selain itu, jemaah juga melakukan kegiatan sosial seperti menyumbangkan Alquran dan Masjid di tempat yang membutuhkan.

KEYWORD :

Ngaji Yuk Ramadan Bulan Puasa Gunawan Wibisono




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :