Kamis, 23/03/2023 20:30 WIB

PM Inggris Rishi Sunak Rombak Kabinet

Rishi Sunak memecah dua departemen agar lebih sesuai dengan janjinya untuk memacu ekonomi

Pengangkatan Rishi Sunak sebagai perdana menteri kulit berwarna pertama di negaranya disambut gembira oleh orang-orang India yang masih menganggapnya sebagai putra tanah. (Foto: AFP/JUSTIN TALLIS)

London, Jurnas.com - Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak merombak kabinetnya pada hari Selasa. Dia memecah dua departemen agar lebih sesuai dengan janjinya untuk memacu ekonomi dan mengubah nasib partainya sebelum pemilihan yang diharapkan tahun depan.

Sunak memisahkan departemen Bisnis, Energi, dan Strategi Industri (BEIS) dan departemen Digital, Budaya, Media, dan Olahraga (DCMS) untuk membuat empat portofolio baru, termasuk satu untuk sains dan inovasi, hasrat pribadi.

Mantan menteri keuangan dan multi-jutawan ini mencoba mengarahkan ekonomi melalui periode inflasi dan stagnasi dua digit yang berkepanjangan, situasi yang diperburuk oleh biaya energi yang melonjak.

Dia juga berada di bawah tekanan untuk mencoba membuktikan keyakinannya bahwa Inggris dapat memperoleh keuntungan dari kepergiannya dari Uni Eropa dengan mengembangkan hubungan perdagangan baru dengan mitra internasional.

Kantornya di Downing Street mengatakan dia telah menunjuk menteri bisnis saat ini, Grant Shapps, sebagai menteri keamanan energi baru dan departemen net zero.

Sekretaris Perdagangan Kemi Badenoch diberikan peran yang diperluas termasuk bisnis dan perdagangan.

Mantan menteri kebudayaan Michelle Donelan ditunjuk untuk menjalankan departemen sains, inovasi, dan teknologi, sementara mantan menteri perumahan Lucy Frazer mengambil peran baru untuk budaya, media, dan olahraga.

Greg Hands, mantan menteri perdagangan dan mantan penegak partai untuk Konservatif, ditunjuk sebagai ketua partai.

Waktunya mengejutkan beberapa orang di pesta Sunak.

Tetapi setelah dia memecat ketua partainya karena urusan pajaknya dan dengan penyelidikan atas tuduhan intimidasi terhadap wakil perdana menterinya Dominic Raab yang sedang berlangsung, beberapa anggota parlemen mengatakan dia mungkin mengambil kesempatan untuk mencap tandanya.

TAGS : Rishi Sunak Kabinet Inggris




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :