Kamis, 25/04/2024 05:13 WIB

Gegara Konten Sensitif, Pakistan Blokir Wikipedia

Situs web ini sebelumnya menghadapi pembatasan pada beberapa halamannya.

Wikipedia

JAKARTA, Jurnas.com - Otoritas Pakistan telah melarang Wikipedia setelah mengancam ensiklopedia daring yang bersumber dari banyak orang atas konten-konten yang menistakan.

Raksasa media sosial Facebook dan YouTube juga telah diblokir di masa lalu oleh Otoritas Telekomunikasi Pakistan atas konten yang dianggap menghujat, masalah yang sangat sensitif di Pakistan yang mayoritas Muslim. Larangan flatform dicabut.

Menurut outlet media lokal Dawn, juru bicara Badan Telekomunikasi Pakistan (PTA) mengatakan situs web tersebut diblokir pada hari Sabtu karena ketidakpatuhan terhadap perintah institusi.

PTA pada Rabu mengatakan situs web tersebut memiliki waktu hingga Jumat malam untuk mengindahkan peringatan tersebut, tanpa menjelaskan lebih lanjut tentang konten yang dipermasalahkan.

"PTA telah menurunkan layanan Wikipedia di negara tersebut karena tidak memblokir/menghapus konten menistakan," tambah otoritas tersebut.

Situs web ini sebelumnya menghadapi pembatasan pada beberapa halamannya.

Menanggapi PTA, Wikimedia Foundation, yang menjalankan Wikipedia ,meminta otoritas Pakistan untuk memulihkan akses ke situs web.

"Kami percaya bahwa akses terhadap pengetahuan adalah hak asasi manusia. Sebuah blok Wikipedia di Pakistan menolak akses negara terpadat ke-5 di dunia ke gudang pengetahuan gratis terbesar," tulisnya di Twitter pada Sabtu (4/2).

"Kami berharap pemerintah Pakistan bergabung dengan kami dalam komitmen terhadap pengetahuan sebagai hak asasi manusia dan segera memulihkan akses ke proyek Wikipedia dan Wikimedia, sehingga rakyat Pakistan dapat terus menerima dan berbagi pengetahuan dengan dunia.”

Warga Pakistan di media sosial mengkritik keputusan itu sebagai langkah "regresif" dan memalukan citra global negara itu.

Pendukung kebebasan berbicara telah lama mengkritik apa yang mereka katakan sebagai penyensoran dan kontrol pemerintah terhadap internet dan media cetak dan elektronik Pakistan.

Pakistan memblokir YouTube dari 2012 hingga 2016 setelah memuat film tentang Nabi Muhammad yang menyebabkan protes kekerasan di seluruh dunia Muslim.

Pada tahun 2020, regulator Pakistan telah meminta YouTube untuk segera memblokir semua video yang mereka anggap "tidak pantas" untuk diakses di negara tersebut, permintaan yang dikritik oleh para aktivis hak asasi manusia.

Dalam beberapa tahun terakhir, negara itu juga beberapa kali memblokir aplikasi berbagi video TikTok yang sangat populer karena konten "tidak senonoh" dan "tidak bermoral".

Aplikasi milik ByteDance yang berbasis di China ini telah diunduh jutaan kali di Pakistan.

Sumber: Al Jazeera

KEYWORD :

Konten Penistaan Pakistan Wikipedia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :