Sabtu, 27/04/2024 02:54 WIB

Pasukan Prancis Gagalkan Pengiriman Senjata yang Dikirim dari Iran ke Yaman

Foto senjata yang diduga dimaksudkan untuk pemberontak Houthi yang dirilis oleh Komando Pusat militer Amerika Serikat (AS) menunjukkan bahwa senjata itu mirip dengan senjata lain yang ditangkap oleh pasukan AS.

Senapan serbu dan rudal yang disita oleh angkatan laut Prancis tergeletak di geladak kapal di lokasi yang dirahasiakan (Komando Pusat militer AS via AP)

JAKARTA, Jurnas.com - Pasukan angkatan laut Prancis pada bulan Januari menyita ribuan senapan serbu, senapan mesin, dan rudal anti-tank yang dikirim dari Iran ke Yaman, kata para pejabat kepada Wall Street Journal dan kantor berita Associated Press.

Foto senjata yang diduga dimaksudkan untuk pemberontak Houthi yang dirilis oleh Komando Pusat militer Amerika Serikat (AS) menunjukkan bahwa senjata itu mirip dengan senjata lain yang ditangkap oleh pasukan AS dalam pengiriman lain yang diikat ke Teheran.

AS tidak merinci dalam pernyataannya pada hari Rabu pasukan mana yang memimpin operasi itu, hanya mengatakan bahwa pihaknya telah "mendukung" "penyitaan oleh pasukan angkatan laut mitra".

Pengumuman itu muncul ketika Iran menghadapi tekanan Barat yang meningkat atas pengiriman drone untuk mempersenjatai Rusia selama perangnya di Ukraina, serta tindakan keras selama berbulan-bulan yang menargetkan pengunjuk rasa.

Ketegangan regional juga meningkat setelah dugaan serangan pesawat tak berawak Israel di sebuah bengkel militer di kota Isfahan, Iran tengah.

Penyitaan terjadi pada 15 Januari di Teluk Oman, badan air yang membentang dari Selat Hormuz, muara sempit Teluk, hingga Laut Arab dan Samudera Hindia.

Komando Pusat AS menggambarkan larangan tersebut terjadi “di sepanjang rute yang secara historis digunakan untuk lalu lintas senjata secara tidak sah dari Iran ke Yaman”.

Sebuah resolusi PBB melarang transfer senjata ke pemberontak Houthi yang didukung Iran di Yaman, yang merebut ibu kota negara itu pada 2014 dan telah berperang dengan koalisi pimpinan Saudi yang mendukung pemerintah negara yang diakui secara internasional sejak Maret 2015.

The Wall Street Journal pertama kali melaporkan penyitaan tersebut, mengidentifikasi pasukan yang terlibat sebagai pasukan khusus elit Prancis. Seorang pejabat daerah yang mengetahui larangan tersebut, yang berbicara kepada AP dengan syarat anonim karena tidak memiliki izin untuk berbicara secara terbuka tentang rincian operasi, juga mengidentifikasi Prancis yang melakukan operasi tersebut.

Militer Prancis tidak menanggapi permintaan komentar tentang penyitaan senjata. Komando Pusat AS tidak segera menanggapi pertanyaan tentang penyitaan tersebut, begitu pula misi Iran ke PBB.

Sementara Prancis mempertahankan pangkalan angkatan laut di Abu Dhabi, biasanya mengambil pendekatan yang lebih tenang di wilayah tersebut sambil mempertahankan kehadiran diplomatik di Iran.

Iran telah lama membantah mempersenjatai Houthi, meskipun negara-negara Barat, pakar PBB, dan lainnya telah melacak persenjataan mulai dari night vision scope, senapan, dan rudal kembali ke Teheran.

Pada bulan November, Angkatan Laut AS mengatakan menemukan 70 ton komponen bahan bakar rudal yang disembunyikan di antara kantong pupuk di atas kapal yang menuju Yaman dari Iran. Tembakan rudal balistik Houthi telah menargetkan Arab Saudi dan Uni Emirat Arab di masa lalu.

Gambar yang diambil pada hari Rabu oleh Komando Pusat AS, dianalisis oleh AP, menunjukkan berbagai senjata di atas kapal tak dikenal yang tampaknya berlabuh di sebuah pelabuhan.

Senjata-senjata itu tampaknya termasuk senapan Tipe 56 buatan China, Molot AKS20U buatan Rusia, dan senapan mesin pola PKM. Semuanya telah muncul dalam penyitaan senjata lain yang dikaitkan dengan Iran.

Komando Pusat mengatakan penyitaan itu mencakup lebih dari 3.000 senapan dan 578.000 butir amunisi. Gambar yang dirilis juga menunjukkan 23 rudal anti-tank yang diluncurkan dari kontainer, yang juga muncul dalam pengiriman lain yang terkait dengan Iran.

Perang di Yaman sebagian besar telah memburuk menjadi jalan buntu dan melahirkan salah satu krisis kemanusiaan terburuk di dunia. Namun, serangan udara yang dipimpin Saudi belum tercatat di Yaman sejak kerajaan itu memulai gencatan senjata pada akhir Maret 2022, menurut Proyek Data Yaman.

Gencatan senjata itu berakhir pada bulan Oktober meskipun ada upaya diplomatik untuk memperbaruinya. Hal itu menimbulkan kekhawatiran bahwa perang dapat meningkat kembali. Lebih dari 150.000 orang tewas di Yaman selama pertempuran, termasuk setidaknya 14.500 warga sipil.

Sumber: Al Jazeera

KEYWORD :

Prancis Amerika Serikat Senjata Iran Houthi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :