Kamis, 09/05/2024 02:37 WIB

Joe Biden Bersama Zelenskyy akan Bahas Permintaan Senjata Ukraina

AS sejauh ini merupakan pemasok senjata terbesar ke Ukraina, di mana invasi Rusia sekarang mendekati tanda satu tahun. 

Presiden AS Joe Biden terlihat setelah memberikan sambutan di Rose Garden Gedung Putih di Washington, AS, 19 Mei 2022. REUTERS/Evelyn Hockstein

JAKARTA, Jurnas.com - Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden bersama Presiden Volodymyr Zelenskyy akan membahas permintaan terbaru Ukraina untuk persenjataan canggih untuk bertahan melawan Rusia.

"Kami akan berbicara," kata Biden kepada wartawan pada pagi hari setelah dia menjawab dengan tegas "tidak" ketika ditanya di Gedung Putih apakah dia akan mengirim jet tempur F-16 ke Ukraina.

AS sejauh ini merupakan pemasok senjata terbesar ke Ukraina, di mana invasi Rusia sekarang mendekati tanda satu tahun. Koalisi negara-negara Barat lainnya juga mengirimkan senjata, mulai dari senapan hingga kendaraan lapis baja dan artileri.

Namun, dengan Rusia yang tidak menunjukkan tanda-tanda akan menyerah dalam penghancuran tetangganya Ukraina, Zelenskyy mengeluarkan seruan untuk senjata yang lebih kuat dan canggih.

Baru-baru ini, AS dan Jerman setuju untuk mengirim tank canggih, mengikuti jejak Inggris sebelumnya. Sekarang, Ukraina meminta jet tempur dan rudal jarak jauh yang bisa mencapai sasaran Rusia jauh di belakang garis depan.

Pada Selasa (31/1), Wakil Menteri Pertahanan Polandia, Wojciech Skurkiewicz mengatakan kepada AFP bahwa Polandia, pemain kunci dalam koalisi Barat, saat ini tidak melakukan "diskusi resmi" untuk mentransfer F-16 miliknya sendiri ke Ukraina.

Sumber: AFP

KEYWORD :

Perang Rusia Ukraina Jet Tempur F-16 Amerika Serikat Joe Biden Volodymyr Zelenskyy




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :