Minggu, 28/04/2024 15:35 WIB

Iran Hukum Warga Negara Belgia hingga 40 Tahun Penjara dan 74 Cambukan

Mantan pekerja bantuan Olivier Vandecasteele menerima hukuman pendahuluan, yang kemudian dapat diajukan banding, atas empat dakwaan, menurut kantor berita resmi pengadilan Iran.

JAKARTA, Jurnas.com  – Sebuah pengadilan di Iran telah menjatuhkan hukuman total 40 tahun penjara kepada seorang warga negara Belgia, puluhan cambukan, dan denda keuangan untuk tuduhan mata-mata dan lainnya.

Mantan pekerja bantuan Olivier Vandecasteele menerima hukuman pendahuluan, yang kemudian dapat diajukan banding, atas empat dakwaan, menurut kantor berita resmi pengadilan Iran.

Untuk masing-masing dari dua dakwaan utama, yaitu memata-matai badan intelijen asing dan bekerja sama dengan pemerintah Amerika Serikat (AS) yang bermusuhan melawan Republik Islam, dia menerima 12,5 tahun penjara.

Untuk penyelundupan mata uang asing profesional sebesar $500.000, Vandecasteele dijatuhi hukuman 2,5 tahun penjara, 74 cambukan, dan denda $1 juta.

Terakhir, dia dinyatakan bersalah atas pencucian uang yang dituduh dia selundupkan, yang diputuskan oleh Pengadilan Revolusi Teheran dengan hukuman penjara 12,5 tahun.

Vandecasteele, 41, telah dipenjara di Iran sejak Februari. Keluarganya mengatakan bulan lalu bahwa dia menerima hukuman penjara 28 tahun.

Pekan lalu, situs berita semiresmi Tasnim mengutip sumber tanpa nama yang mengklaim dia memasuki Iran "dengan kedok upaya kemanusiaan dengan tujuan memata-matai pemerintah AS yang bermusuhan dan mendistribusikan uang kepada kelompok yang aktif di bidang anti-keamanan".

Vandecasteele membantah semua tuduhan itu. Otoritas Belgia sebelumnya mengutuk pemenjaraan Vandecasteele, menyebutnya "ilegal".

Teheran telah dituduh memenjarakan orang asing dan berkewarganegaraan ganda untuk digunakan sebagai alat tawar-menawar politik, tuduhan yang dibantahnya.

Hubungan antara Iran dan Belgia semakin memburuk menyusul penangkapan seorang diplomat Iran, Asadollah Assadi, pada 2018. Dia dituduh memimpin rencana pengeboman di Prancis.

Iran dan Barat juga mengintensifkan retorika mereka terhadap satu sama lain sejak protes meletus di seluruh Iran pada pertengahan September setelah kematian Mahsa Amini, yang ditangkap oleh polisi moralitas negara karena diduga tidak mematuhi aturan berpakaian wajib bagi perempuan dan kemudian meninggal dalam tahanan polisi.

SUMBER: Al Jazeera

KEYWORD :

Olivier Vandecasteele Iran Hukuman Penjara dan Cambuk




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :