Minggu, 28/04/2024 18:36 WIB

China Buka Perbatasan, Thailand Keluarkan Aturan Baru untuk Pelancong

China Buka Perbatasan, Thailand Keluarkan Aturan Baru untuk Pelancong.

China adalah ekonomi utama terakhir yang berkomitmen pada strategi nol-Covid, bertahan dengan penguncian cepat, pengujian massal, dan karantina dalam upaya untuk mengekang wabah (Foto file: AFP/Hector Retamal)

JAKARTA, Jurnas.com - Thailand akan meminta pelancong internasional untuk menunjukkan bukti telah divaksinasi COVID-19 secara penuh sebelum tiba di Thailand.

Dikutip dari Reuters, hal itu disampaikan Otoritas Penerbangan Sipil Thailand (CAAT), saat Negeri Lumbung padi itu mempersiapkan lebih banyak turis setelah China membuka kembali perbatasannya pada Minggu (8/12).

CAAT mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Sabtu bahwa mulai Senin dini hari, semua pendatang asing mulai Senin pagi harus membuktikan bahwa mereka telah divaksinasi atau memberikan surat yang menyatakan bahwa mereka telah pulih dari COVID-19 dalam waktu enam bulan.

Pelancong yang belum divaksinasi harus menunjukkan surat keterangan medis yang menjelaskan mengapa mereka belum menerima vaksin.

CAAT mengatakan maskapai penerbangan akan bertanggung jawab untuk memeriksa dokumen sebelum penumpang naik dan telah merilis daftar berapa banyak dosis yang diperlukan untuk berbagai jenis vaksin COVID-19 di situs webnya.

Langkah baru itu akan tetap berlaku setidaknya hingga akhir Januari, kata CAAT.

Persyaratan vaksinasi dibatalkan oleh Thailand Oktober lalu tetapi telah dihidupkan kembali ketika China membuka kembali perbatasannya setelah pelonggaran kebijakan nol-COVID.

Penerbangan komersial pertama dari China ke Thailand, penerbangan Xiamen Airlines MF833, akan tiba di Bangkok dari Xiamen pada Senin dengan membawa 286 penumpang, kata juru bicara pemerintah Traisuree Taisaranakul pada Minggu.

Orang asing yang bepergian ke Thailand dari negara di mana hasil tes reverse transcription polymerase chain reaction (RT-PCR) negatif adalah syarat untuk masuk harus menunjukkan bukti asuransi kesehatan yang mencakup perawatan COVID-19, kata Kementerian Kesehatan.

Persyaratan masuk baru tidak berlaku untuk pemegang paspor Thailand atau penumpang yang transit melalui Thailand.

KEYWORD :

China Thailand Aturan Baru Pelancong Vaksinasi COVID-19




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :