Jum'at, 17/05/2024 11:24 WIB

Sepanjang Tahun Ini 67 Wartawan Meninggal dalam Tugas, Paling Banyak di Ukraina

Sepanjang Tahun Ini 67 Wartawan Meninggal dalam Tugas, Paling Banyak di Ukraina.

Wartawan bekerja di dekat gedung yang terkena serangan Rusia di distrik Shevchenkivskyi, Kyiv, Ukraina pada Maret 2022 [File: Serhii Nuzhnenko/Reuters]

JAKARTA, Jurnas.com - International Federation of Journalists (IFJ) mencatat 67 jurnalis dan pekerja media telah terbunuh di seluruh dunia sepanjang tahun ini, naik dari 47 pada tahun 2021.

Perang Rusia di Ukraina, kekacauan di Haiti, dan meningkatnya kekerasan oleh kelompok kriminal di Meksiko telah berkontribusi pada peningkatan jumlah jurnalis yang terbunuh saat melakukan pekerjaan mereka pada tahun 2022.

Dikutip dari Al Jazeera, IFJ mengatakan, pekerja media paling banyak tewas saat meliput perang di Ukraina, yakni 12 orang. Angka ini terbilang tinggi dibandingkan negara lain mana pun tahun ini.

Kebanyakan dari mereka adalah wartawan Ukraina tetapi beberapa wartawan asing juga tewas, dengan banyak kematian terjadi pada minggu-minggu pertama perang yang kacau.

Laporan IFJ juga menyebutkan penembakan fatal jurnalis Al Jazeera Shireen Abu Akleh yang dibunuh oleh pasukan Israel pada 11 Mei saat dia meliput serangan militer Israel di sebuah kamp pengungsi di Jenin di Tepi Barat yang diduduki utara.

Jaringan Al Jazeera minggu ini secara resmi meminta Pengadilan Kriminal Internasional menyelidiki dan mengadili mereka yang bertanggung jawab atas pembunuhan Abu Akleh.

Laporan tersebut, yang dirilis pada malam Hari Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa, juga menunjukkan bahwa penindasan politik telah memunculkan kepalanya yang buruk pada tahun 2022.

IFJ mencatat setidaknya 375 profesional media, 10 lebih banyak dari tahun lalu, saat ini berada di penjara karena melakukan tindakan mereka. pekerjaan. Sebagian besar dari mereka yang dipenjara berada di China, Myanmar, Turki, Iran, dan Belarusia.

Dengan meningkatnya jumlah pekerja media yang terbunuh, IFJ dan kelompok hak media lainnya telah meminta pemerintah untuk mengambil tindakan lebih nyata untuk melindungi jurnalis serta kebebasan media.

"Kegagalan untuk bertindak hanya akan memberanikan mereka yang berusaha untuk menekan arus bebas informasi dan merusak kemampuan orang untuk meminta pertanggungjawaban pemimpin mereka, termasuk dalam memastikan bahwa mereka yang memiliki kekuasaan dan pengaruh tidak menghalangi jalan keterbukaan dan inklusif dalam masyarakat," kata Sekretaris Jenderal IFJ Anthony Bellanger dalam sebuah pernyataan.

IFJ juga mengatakan "aturan oleh teror organisasi kriminal di Meksiko, dan pelanggaran hukum dan ketertiban di Haiti, juga berkontribusi pada lonjakan pembunuhan" dan bahwa tahun 2022 telah menjadi salah satu yang paling mematikan bagi jurnalis di Meksiko, yang mana sekarang dianggap sebagai negara paling berbahaya bagi wartawan di luar zona perang.

IFJ yang berbasis di Brussel, yang mewakili 600.000 profesional media dari serikat pekerja dan asosiasi di lebih dari 140 negara, juga mencatat kematian lima jurnalis di tengah krisis politik tahun ini di Pakistan.

Organisasi tersebut memperingatkan ancaman baru terhadap jurnalis di Kolombia dan bahaya yang terus berlanjut bagi jurnalis di Filipina, meskipun ada kepemimpinan baru di sana.

KEYWORD :

Federation of Journalists Wartawan Tewas Konflik Rusia dan Ukraina Abu Akleh




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :