Minggu, 28/04/2024 23:55 WIB

Pebalap Patrick Tambay Dikabarkan Meninggal Dunia

Pebalap Patrick Tambay Dikabarkan Meninggal Dunia

pebalap Formula Satu, Patrick Tambay. (Foto: motorsport.com)

JAKARTA, Jurnas.com - Mantan pebalap Formula Satu, Patrick Tambay, yang menggantikan Gilles Villeneuve di Ferrari setelah kecelakaan fatal pebalap Kanada itu pada 1982, meninggal dunia pada Minggu dalam usia 73 tahun, kata keluarganya.

Pebalap asal Prancis itu menderita penyakit Parkinson selama beberapa tahun. Penyakit Parkinson sendiri adalah penyakit pada sistem saraf yang mengganggu kemampuan tubuh dalam mengontrol gerakan dan keseimbangan.

Pemenang dua balapan dengan Ferrari, Grand Prix Jerman 1982 dan Grand Prix San Marino 1983, Tambay memiliki lima posisi terdepan dalam karirnya dan finis keempat di kejuaraan dunia 1983.

Dia memulai 114 kejuaraan grand prix dalam karir yang penuh dengan pensiun balapan, juga bersaing untuk McLaren pada tahun 1978 dan 1979 setelah debut pada tahun 1977 dengan tim Theodore Racing milik Teddy Yip di Hong Kong.

Tambay pensiun pada 1986 setelah dua tahun di Renault dan musim terakhir bersama Haas Lola.

"Kami semua benar-benar sedih dengan berita meninggalnya Patrick Tambay. Dia adalah salah satu bintang sejati tahun 80-an yang memenangkan dua balapan bersama Scuderia dan berkontribusi memenangkan gelar pabrikan pada 1982 dan 1983," kata Ferrari.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Pebalap Formula Satu Patrick Tambay Pebalap Prancis Ferrari




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :