Sabtu, 18/05/2024 16:05 WIB

Atasi Krisis Pangan, Kementan Ajak Pengusaha Pertanian Tingkatkan Ekspor

Atasi Krisis Pangan, Kementan Ajak Pengusaha Pertanian Tingkatkan Ekspor.

Kepala BPPSDMP, Dedi Nursyamsi pada acara Mentan Sapa Petani dan Penyuluh (MSPP). (Foto: Ist)

JAKARTA, Jurnas.com - Kementerian Pertanian (Kementan) menguatkan program aktivitas produksi (on farm) maupun aktivitas pascaproduksi (off farm), mendorong pengusaha /eksportir daerah agar melipat gandakan lalu lintas ekspor pertanian menjadi tiga kali lipat melalui program Gerakan Tiga Kali Ekspor (Gratieks).

Gratieks merupakan gerakan peningkatan ekspor pertanian yang digagas Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo untuk menyatukan kekuatan seluruh pemegang kepentingan pembangunan pertanian dari hulu sampai hilir. Gerakan ini diharapkan mampu meningkatkan ekspor komoditas pertanian dengan cara yang tidak biasa.

Mentan menjelaskan saat ini Kementan tengah fokus merealisasikan berbagai program kerja untuk meningkatkan sumber daya manusia dan kesejahteraan petani.

Selain itu, kata Syahrul, Kementan juga sudah merealisasikan sebagian program Keredit Usaha Rakyat (KUR) yang didistribusikan melalui kerjasama dengan pemerintah daerah. Kata dia, program ini merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan jalannya usaha tani dan kesejahteraan petani.

"Bahkan kami sudah membentuk barisan Kostratani (Komando Strategi Pembangunan Pertanian) dengan program Geratieks (Gerakan Tiga Kali Ekspor) sebagai ujung tombak ekonomi nasional. Kemudian kami diperkuat dengan Kecanggihan Agriculture War Room," jelas Mentan.

Pada agenda Mentan Sapa Petani dan Penyuluh (MSPP) yang digelar pada Jumat (11/11), Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi mengajak para pengusaha di sektor pertanian untuk meningkatkan ekspor.

Menurut Dedi, Indonesia mempunyai komoditas potensial untuk diekspor, seperti porang, sarang burung walet, buah tropical, dan komoditas perkebunan.

“Dengan eksport daya saing produk serta kualitas produk pertanian harus ditingkatkan, mari tingkatakan kualitas produk pertanian untuk tingkatkan daya saing dan juga kita jaga kontinuitas produk pertanian kita harus terjamin,” jelas Dedi.

Narasumber MSPP, Kepala Pusat karantina Tumbuhan dan Keamanan Hayati Nabati Badan Karantina Pertanian, A.M Adnan mengatakan ruang lingkup peningkatan ekspor pertanian, antara lain peningkatan produksi, pemenuhan standar mutu produksi pertanian, menjamin kontinuitas produksi, menjamin akses pasar, menjamin daya saing penjualan, dan memperluas akses pasar.

“Langkah strategis Kementan dalam pencapaian Gratieks yaitu meningkatkan volume ekspor, mendorong pertumbuhan eksportir baru, menambah ragam komoditas eksport, meningkatkan frekuensi pengiriman, menambah negara mitra dagang,” ujar A.M Adnan.

Lebih lanjut A.M Adnan mengatakan saat ini telah ada aplikasi PERSIA yang ada di laman resmi Badan Karantina Pertanian atau karantina.pertanian.go.id.

"Dengan adanya PERSIA mempermudah masyarakat mengetahuai secara cepat persyaratan detil protokol eksport komoditas pertanian sesuai dengan yang disyaratkan oleh negara tujuan," imbuh A.M Adnan.

KEYWORD :

Krisis Pangan Ekspor Pertanian Dedi Nursyamsi Mentan Sapa Petani dan Penyuluh




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :