Sabtu, 27/04/2024 08:54 WIB

PIDATO DONALD TRUMP

Mulai Saat Ini Dahulukan Amerika!!

Selama ini, menurut Trump, Amerika Serikat membuat negara-negara lain kaya sementara kesejahteraan, kekuatan, dan keyakinan negara mereka merosot.

Donald Trump Disumpah sebagai Presiden Amerika Serikat (IST)

Washington - Donald Trump berjanji akan mengembalikan supremasi Amerika Serikat di atas negara-negara lain di dunia. Menurut dia, selama ini Amerika Serikat membuat negara-negara lain kaya sementara kesejahteraan, kekuatan, dan keyakinan negara mereka merosot.

"Satu persatu, pabrik kita meninggalkan pantai kita. Mulai hari ini ke depan, dahulukan (kepentingan) Amerika, Amerika yang pertama," katanya dalam pidato pelantikan sebagai Presiden Amerika Serikat yang ke-45 di Capitol Hill, Washington DC, Jumat waktu setempat.

Untuk itu, Trump mengatakan akan merombak semua regulasi yang diangap tidak menguntungkan negeri Paman Sam itu. Ia juga berjanji untuk menjadikan Amerika sebagai pemenang seperti sebelumnya. 

"Setiap kebijakan perdagangan, pajak, imigrasi, dan kebijakan luat negeri harus memberi keuntungan bagi pekerja Amerika dan keluarga Amerika. Kita harus membawa kembali pekerjaan kita. Kita harus melindungi perbatasan kita dari kerusakan akibat negara-negara lain yang membuat produk kita, mencuri perusahaan kita, dan menghancurkan pekerjaan kita. Kita akan membawa kembali kesejahteraan kita," ujarnya disambut dengan tepuk tangan.

Upacara pelantikan dimulai dengan kedatangan Donald Trump bersama istrinya, Melania, ke Gedung Putih untuk minum teh bersama dengan Presiden Barack Obama, dan Ibu Negara, Michelle Obama.

Sebelumnya Trump bersama keluarganya menghadiri kebaktian di Gereja St John`s, yang merupakan tradisi dalam pelantikan Presiden Amerika Seirkat.

Sebagai bagian dari tradisi, Obama juga akan meninggalkan sebuah catatan pribadi untuk penerusnya di kantor presiden, Oval Office.

Di luar Capitol Hill, polisi sempat melepas semprotan merica kepada para pengunjuk rasa yang menentang pelantikan Donald Trump sebagai presiden mereka. Sekitar 100 pengunjuk rasa mencoba memecahkan jendela beberapa toko sambil mengecam kapitalisme dan Trump.

 

KEYWORD :

Pelantikan Donald Trump Amerika yang pertama




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :