Rabu, 01/05/2024 16:03 WIB

Muhadjir Minta Semua Pihak Siaga Hadapi Bencana Hidrometeorologi

Muhadjir Minta Semua Pihak Siaga Hadapi Bencana Hidrometeorologi

Menko PMK Muhadjir Effendy (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meminta semua pihak bersiaga dalam menghadapi bencana hidrometeorologi.

Hal ini disampaikan dalam Apel Kesiapsiagaan dan Simulasi Menghadapi Bencana Hidrometeorologi di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka (Buperta) Cibubur, pada Rabu (9/11).

Dia mengatakan, Indonesia merupakan daerah rawan bencana, terbentang pada pertemuan lempeng tektonik, berada dalam Jalur Cincin Api Pasifik dan daerah cuaca ekstrem, sehingga rawan terhadap bencana alam.

Menurut data BNPB, sepanjang tahun 2022 telah terjadi sekitar 3.207 bencana. 95 persen di antaranya disebabkan oleh bencana hidrometeorologi basah seperti banjir, cuaca ekstrem, dan longsor.

"Kondisi ini tentunya menjadi bahan pemikiran kita (refleksi) bahwa masih diperlukan upaya yang lebih maksimal baik di tingkat nasional, daerah, hingga masyarakat," kata Muhadjir.

Pada Oktober lalu, BNPB mencatat frekuensi rata-rata bencana yakni 70 kali per pekan. Bencana hidrometrologi basah merenggut korban jiwa tertinggi dibanding bulan-bulan sebelumnya, yakni 50 orang.

Selain itu, BMKG memperkirakan secara umum wilayah Indonesia saat ini berada pada kategori curah hujan menengah hingga tinggi.

"Kita harus terus siaga, karena potensi curah hujan tertinggi akan berlangsung dengan puncak pada bulan Desember 2022 hingga Januari 2023," tutur dia.

KEYWORD :

Muhadjir Effendy Menko PMK Bencana Hidrometeorologi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :