Rabu, 01/05/2024 09:43 WIB

Siswa SMA Adu Skill Marketing Digital lewat iDMC 2022

Siswa SMA Adu Skill Marketing Digital lewat iDMC 2022

Ilustrasi marketing digital (Foto: Unsplash)

Jakarta, Jurnas.com - i3L School of Business (iSB) menggelar iSB Digital Marketing Competition (iDMC) 2022, yang diikuti oleh siswa-siswi SMA di seluruh indonesia, beberapa waktu lalu.

Kompetisi iDMC yang digelar untuk kali kedua ini bertujuan untuk menunjukkan kemampuan promosi secara digital, serta menerapkan pembelajaran dari kegiatan pelatihan.

Pada kompetisi tersebut, para siswa-siswi SMA diajak untuk membuat promosi produk/jasa dengan aplikasi Mimic Pro yang dikembangkan oleh Stukent Inc, Amerika Serikat.

Pelatih perlombaan iDMC 2022, Laras Pratiwi menerangkan bahwa aplikasi ini membuat para peserta merasakan simulasi digital marketing di sebuah perusahaan, di mana mereka harus menentukan pengambilan keputusan dalam implementasi SEM dan SEO.

"Lomba ini diharapkan mampu menjadi wadah bagi dunia pendidikan untuk bisa bersinergi dengan ilmu digital marketing untuk memenuhi kebutuhan industri, yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan serta kecakapan dari para siswa-siswi SMA, sehingga memiliki kemampuan pemasaran digital yang cukup," terang dia.

Kompetisi digital iDMC 2022 menerima 25 unggahan studi kasus dan perlombaan simulasi Mimic Pro. Dan dari total unggahan tersebut, terdapat 17 grup yang lolos melalui proses penjurian.

Kriteria dari studi kasus meliputi pemahaman mengenai digital media sebagai pemasaran, informasi akses suatu barang atau layanan yang ditawarkan, dan kreativitas dari partisipan dalam mengemas informasi mengenai penggunaan platform sosial media dalam mempromosikan suatu barang.

Pengembangan kompetisi secara simulasi dan studi kasus, lanjut Laras, dapat memberikan keterampilan praktis agar siswa-siswi SMA dapat melakukan analisa secara mendalam dan mengembangkan kreativitas dalam berdaya saing kedepannya khususnya pada era web 3.0 ini.

"Lomba ini diharapkan mampu menjadi pionir bagi dunia pendidikan untuk bisa bersinergi dengan beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan serta kecakapan dari para siswa-siswi SMA maupun mahasiswa, sehingga mereka memiliki kemampuan yang cukup," jelas Laras.

Sementara itu, Azalia Imani selaku penyelenggara kompetisi ini menjelaskan bahwa iDMC 2022 juga diikuti oleh SMA skala nasional dan internasional, antara lain Singapore Intercultural School, South Jakarta,SMAK St. Albertus Malang,SMAK Kolese Santo, SMA Santa Ursula Jakarta,SMA Santa Laurensia Suvarna Sutera,Santa Theresia,SMAK IPEKA TOMANG, dan Sinar Cendekia Islamic School.

KEYWORD :

Skill Marketing iDMC 2022 i3L School of Business




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :