Jum'at, 17/05/2024 20:19 WIB

Ukraina Ajukan Jadi Tuan Rumah Bersama Piala Dunia 2030

Ukraina Ajukan Jadi Tuan Rumah Bersama Piala Dunia 2030

Trofi Piala Dunia (Foto: Doknet)

Kyiv, Jurnas.com - Asosiasi Sepak Bola Ukraina (UAF) mengumumkan bahwa negara itu akan mengajukan tawaran bergabung menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia 2030, bersama dengan Portugal dan Spanyol.

Spanyol pernah menjadi tuan rumah Piala Dunia 1982. Dan bersama Portugal, negara yang tergabung dalam Semenanjung Iberia itu sempat mengajukan tawaran untuk turnamen 2018 dan 2022, tetapi tidak berhasil.

Menurut laporan The Athletic yang dikutip Goal pada Rabu (5/10), pembicaraan antara masing-masing federasi dan presiden Ukraina Volodymyr Zelensky telah berlangsung selama berbulan-bulan, dan dia telah memberikan persetujuannya.

Rencananya, Ukraina akan menjadi tuan rumah satu set lengkap pertandingan penyisihan grup di Piala Dunia 2030.

Ini akan menjadi turnamen kedua yang menggunakan format 48 tim. Tuan rumah bersama tiga negara diperkirakan bakal lebih menarik bagi FIFA.

"Kami senang bergabung dengan upaya Eropa untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030. Kami menyadari betapa pentingnya inisiatif ini hari ini untuk seluruh Ukraina. Ini adalah impian jutaan penggemar Ukraina. Mimpi orang-orang yang selamat dari kengerian perang atau masih berada di wilayah pendudukan, di mana bendera Ukraina pasti akan segera berkibar lagi," kata Presiden UAF, Andriy Pavelko.

"Kami menghidupkan kembali sepak bola Ukraina dalam kondisi perang dan melawan perang. Perang akan berakhir, dan kami akan menyelenggarakan pertandingan Piala Dunia 2030 bersama Spanyol dan Portugal di level tertinggi!" imbuh dia.

Diketahui, ketiga negara masih harus menunggu hingga 2024 untuk mengetahui apakah upaya mereka menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia berhasil.

Belum diketahui apa yang akan dilakukan FIFA, jika masih ada konflik besar di Ukraina menjelang pemilihan tuan rumah Piala Dunia 2030.

KEYWORD :

Tuan Rumah Bersama Piala Dunia Ukraina




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :