Senin, 13/05/2024 09:35 WIB

Ziarah Bareng Puan Ke Makam Taufik Kiemas, Gus Muhaimin: Beliau Orang Tua Kami

Sudah lama kita berencana bareng. Alhamdulillah, hari ini bisa berjalan bareng dengan lancar membaca yasin, tahlil dan doa. Kita semua terus mendoakan beliau.

Ketua Umum DPP PKB, Abdul Muhaimin Iskandar dan Ketua DPP PDIP, Puan Maharani saat berziarah ke makam Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta. (Foto: Dok. Jurnas.com)

Jakarta, Jurnas.com - Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar berziarah ke makam Taufik Kiemas di Taman Makam Pahlawan, Kalibata bersama Ketua DPP PDIP, Puan Maharani, Minggu (25/9).

Gus Muhaimin sapaan Muhaimin Iskandar terlihat ditemani jajaran pengurus PKB. Begitu juga Puan, terlihat ditemani jajaran pengurus partai banteng.

Usia berziarah, Gus Muhaimin dan Puan serta rombongan menyempatkan untuk sarapan di Pecel Pincuk, di depan Taman Makam Pahlawan, Kalibata. Keduanya terlihat asyik mengobrol sambil menikmati makanan khas Jawa Timur tersebut.

“Sudah lama kita berencana bareng. Alhamdulillah, hari ini bisa berjalan bareng dengan lancar membaca yasin, tahlil dan doa. Kita semua terus mendoakan beliau,” kata Gus Muhaimin dalam konferensi pers bersama Puan Maharani.

Gus Muhaimin sendiri mengenang sosok mendiang Taufik Kiemas sebagai ayah yang sejak masa muda dan kuliah juga menjadi guru dalam pergerakan mahasiswa. Begitu juga dengan istri mendiang almarhum Taufik, Megawati Soekarnoputri. Sebagai aktivis Mahasiswa, Gus Muhaimin kala itu sangat tersentuh dengan perjuangan Ketua Umum DPP PDIP itu melawan di era orde baru.

“Dulu mbak Puan Maharani masih SMA, saya sudah mahasiswa. Jadi dulu kedekatan saya dengan pak Taufik Kiemas diawali dari gerakan mahasiswa. Kita sama-sama (berjuang). Kita sebagai mahasiswa, sebagai aktivis tersentuh dan menjadi bagian perjuangan Bu Mega,” kenang Gus Muhaimin.

Wakil Ketua DPR RI ini menceritakan, semasa kuliah juga sering berkunjung ke rumah mendiang Taufik dan Megawati di Kebagusan, Jakarta Selatan. “Kita waktu itu masih miskin banget, dari sana Pak Taufik Kiemas membriefing kami, memberikan gagasan, ide akhirnya seperti ayah sendiri. Bahkan ketika kami butuh apa, SPP kurang pak Taufik Kiemas yang membantu,” ungkap Gus Muhaimin.

“Bahkan terakhir, saya melamar istri saya tidak punya duit minta pak Taufik Kiemas. Itu orang tua kami betul. Saya lupa, jam tangan saya adalah jam tangan yang diberi pak  Taufik Kiemas sebagai anak beliau. Karena itu saya merasa mempunyai tanggung jawab, kewajiban untuk mendoakan beliau,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan sangat bersyukur bisa berziarah dan berdoa ke makam ayah kandungnya, Taufik Kiemas bersama Gus Muhaimin.

“Alhamdulillah, kita sudah sama-sama melakukan tahlil, yasin, ihktiar aswaja untuk bisa mendoakan almarhum Pak Taufik Kiemas,” kata Puan di tempat yang sama.

“Kami berdua kenalnya dari SMA dan mahasiswa, dan sampai disini sebagai Ketua DPR dan Wakil Ketua DPR. Kami berharap pertemuan ini akan membawa berkah, kebersamaan sebagai saudara,” imbuhnya.

 

 

 

 

KEYWORD :

Warta DPR Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar Puan Maharani ziarah Taufik Kiemas PDIP




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :