Minggu, 28/04/2024 15:04 WIB

Dua Bule Hilang Tak Ditemukan

Keduanya merupakan wisman yang sudah terbiasa dengan berpetualang.

ilustrasi

Meulaboh - Pencarian dua Warga Negara Asing (WNA) yang dilaporkan hilang di wilayah Pulau Banyak, Kabupaten Aceh Singki, Provinsi Aceh, tidak berhasil ditemukan sampai Badan SAR Nasional (Basarnas) menghentikan operasi pada Jumat (13/1) malam. Operasi terhadap pencarian selama tujuh hari dengan tiga matra yakni di darat, laut dan udara, gagal menemukan keberadaan dua warga Jerman dan Belgia itu. Pencarian akan dilanjutkan dengan motode Inteligensi SAR.

"Sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) Basarnas, pencarian dilakukan selama tujuh hari. Sesuai petunjuk atasan setelah tim laut mendarat dengan selamat maka operasi pencarian kedua WNA itu dihentikan dan dilanjutkan metode inteligensi SAR," kata Koordinator Pos SAR Simeule, Rahmad Kenedy, Sabtu (14/1), mengutip laporan Kepada Kepala Kantor SAR Banda Aceh.

Operasi pencarian ditutup pada Jum`at (13/1) malam, setelah tim SAR matra terakhir dari SAR Simeulue yang menggunakan PATKAMLA Pulau Teupah milik pangkalan TNI-AL Simeulue mendarat dengan selamat di Pelabuhan Kargo Simeulue, Aceh. Kata Kenedy, beberapa hari melakukan pencarian dengan penyisiran di wilayah perairan laut bersama TNI-AL dan tim Satgas SAR Simeulue, mereka tidak menemukan tanda-tanda sebagai petunjuk mendukung keberadaan kedua WNA itu.

Malahan dirinya menduga kuat bahwa kedua "bule" yang merupakan wisatawan mancanegara (wisman) itu sudah tidak berada di kawasan Pulau Banyak, sebab dari rekam jejak, keduanya merupakan wisman yang sudah terbiasa dengan berpetualang. "Ada rekam jejak kedatangan mereka, setelah kami lihat wisman seperti mereka saya pikir sangat tidak memungkinkan seluas wilayah perairan Pulau Banyak-Simeulue, Singkil bisa tersesat ataupun terdampar. Tapi tugas kami adalah tetap melakukan pencarian seperti diperintahkan,"kata dia seperti dilansir Antara.

Sebelumnya, dilaporkan oleh Kedutaan Besar (Kedubes) Negara Jerman dan Belgia kepada Basarnas, bahwa ada dua WNA asal Negara Jerman Yvan Ghislain Nico (36 tahun) dan Lina Kall (31 tahun) hilang setelah komunikasi terakhir dari kawasan pulau Sumatera. Setelah dilakukan pencarian sejak Jum`at (6/1) ditemukan tanda dan petunjuk kebaradaan kedua WNA itu di Pulau Banyak, Kabupaten Aceh Singkil sehingga operasi pencarian di perluas, akan tetapi tidak ditemukan petunjuk selanjutnya.

Kenedy menyebutkan, operasi pencarian akan dilanjutkan apabila menemukan petunjuk dari hasil metode Inteligen SAR, monitoring dilaksanakan oleh muspida Kabupaten Aceh Singkil, Pos SAR Meulaboh dan Pos SAR Simeulue.

KEYWORD :

WNA Hilang Pulau Banyak Aceh




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :