Sabtu, 11/05/2024 23:59 WIB

Perdana, Bunga Rafflesia Arnoldi R.Br Tumbuh di Luar Habitat

Perdana, Bunga Rafflesia Arnoldi R.Br Tumbuh di Luar Habitat

Bunga Rafflesia Arnoldi R.Br di Kebun Raya Bogor (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Bunga Rafflesia Arnoldi R. Br atau lebih dikenal dengan sebutan padma raksasa berhasil tumbuh untuk pertama kali, di luar habitat aslinya.

Upaya konservasi bunga Rafflesia di luar habitat (secara ex situ) sejak tahun 1818 belum membuahkan hasil. Pada 2006, peneliti melakukan upaya menumbuhkan biji bunga Rafflesia asal Bengkulu di Kebun Raya Bogor.

Bibit itu ditanam di vak. XVII yaitu koleksi jenis-jenis tumbuhan pemanjat (climber) termasuk di dalamnya terdapat tiga spesies tetrastigma, yang merupakan inang Rafflesia.

Setelah 16 tahun sejak upaya menumbuhkan, pada awal September 2022 muncul beberapa knop bakal bunga yang salah satunya mekar pada 12 September 2022.

Periset dan Kurator Koleksi Rafflesia di Kebun Raya Bogor, Sofi Mursidawati menyatakan bahwa jenis Rafflesia yang mekar merupakan Rafflesia Arnoldi R. Br, dan baru pertama kali mekar sebagai hasil budidaya di Kebun Raya Bogor.

"Meskipun diameternya tidak lebih 60 cm, namun jenis ini sudah dapat dipastikan adalah Rafflesia Arnoldi R. Br," ujar Sofi dalam siaran pers BRIN pada Rabu (14/9).

"Rafflesia Arnoldi R. Br tumbuh di Tetrastigma lanceolarium (Roxb.) Planch sebagai inangnya yang ditanam pada 22 Januari 1953 sebagai hasil pertukaran tanaman (seed exchange) dari Florida pada tahun 1952," tambah Sofi.

Sebelumnya Kebun Raya Bogor telah berhasil menumbuhkan Rafflesia Patma Bl, untuk pertama kalinya pada tahun 2010, dan sampai saat ini telah mekar 16 kali (tahun 2019).

Diketahui, Rafflesia Arnoldi R. Br atau padma raksasa merupakan Puspa Langka Nasional berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 4 Tahun 1993. Selain ditetapkan sebagai Puspa Langka Nasional, bunga raksasa kharismatik asal Bengkulu ini masuk dalam daftar tumbuhan dilindungi berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 1999 dan IUCN Red list dengan status konservasi terancam punah.

Rafflesia arnoldi R. Br pertama kali ditemukan pada tahun 1818 di hutan Sumatra oleh seorang pemandu yang bekerja pada Dr. Joseph Arnold yang sedang mengikuti ekspedisi Thomas Stanford Raffles, sehingga tumbuhan ini diberi nama sesuai sejarah penemunya yakni penggabungan antara Raffles dan Arnold.

Terdapat 33 spesies Rafflesia di dunia, dan 14 jenis di antaranya tumbuh di Indonesia di mana 11 jenis merupakan endemik Sumatera.

KEYWORD :

Rafflesia Arnoldi R. Br Padma Raksasa Kebun Raya Bogor




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :