Jum'at, 17/05/2024 02:23 WIB

BKKBN Beri Penghargaan Manggala Karya Kencana untuk Bupati Pamekasan

BKKBN beri penghargaan Manggala Karya Kencana untuk Bupati Pamekasan.

Penghargaan kepada Bupati Pamekasan Baddrut Tamam yang disematkan langsung oleh Kepala BKKBN, Hasto Wardoyo, ini merupakan penghargaan yang pertama kali diberikan BKKBN kepada kepala daerah di wilayah Pulau Madura.

JAKARTA, Jurnas.com - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) memberi Penghargaan Manggala Karya Kecana kepada Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam.

Penghargaan kepada Bupati Pamekasan Baddrut Tamam yang disematkan langsung oleh Kepala BKKBN, Hasto Wardoyo, ini merupakan penghargaan yang pertama kali diberikan BKKBN kepada kepala daerah di wilayah Pulau Madura.

"Penghargaan ini merupakan penghargaan yang pertama kali diberikan kepada kepala daerah di wilayah Madura. Penghargaan ini diberikan atas dukungan pembangunan keluarga dan pengendalian penduduk di Kabupaten Pamekasan," kata Hasto di Pendopo Kabupaten Pamekasan, Senin (12/9).

Selanjutnya Hasto mengatakan kendati prevalensi stunting di Pamekasan masih cukup tinggi, yakni 38,7 persen (berdasarkan Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) tahun 2021, Red), Hasto tetap optimistis angka prevalensi tersebut bisa diturunkan.

Menurut Hasto, stunting lebih mudah dicegah daripada diobati. "Salah satunya dengan memberikan asupan protein hewani, dan di sini cukup banyak sumber makanan yang dapat mencegah stunting," jelas Hasto.

Selanjutnya, Hasto berpesan, agar para calon pengantin paling tidak tiga bulan sebelum menikah sudah memeriksakan kesehatan.  "Supaya bisa apa, minum obat tambah darah jika diketahui Hb-nya rendah. Sampai Hb naik dan tidak anemi, sehingga menurunkan resiko melahirkan bayi yang stunting," jelas Hasto.

Di samping itu, Hasto meminta agar ibu yang melahirkan didata by name by address agar bayi yang panjang badannya kurang dari 48 centimeter dan berat kurang dari 2,5 kilogram mendapat pendampingan.

"Dan semuanya ini didukung oleh penyuluh KB, serta 1.965 anggota Tim Pendamping Keluarga yang ada di lapangan," tutur dokter spesialis kebidanan dan kandungan itu.

Di tempat yang sama, Baddrut mengatakan stunting di Pamekasan masih perlu kerja ekstra menurunkan prevalensinya. Karena itu, pemerintah terus mendorong seluruh elemen masyarakat untuk menyiapkan generasi yang handal hebat melalui pencegahan stunting.

"Ini menjadi komitmen kita untuk terus berpacu melakukan program pengendalian penduduk, keluarga berencana, keluarga tanggap bencana, dan membangun keluarga yang berkualitas," kata Baddrut.

Ia turut menyampaikan terima kasih atas penghargaan yang diberikan. "Alhamdulillah dan terima kasih untuk kita semua. Penghargaan ini merupakan penghormatan pemerintah pusat untuk semua rakyat Pamekasan," ujar Baddrut Tamam usai menerima penghargaan tersebut.

Manggala Karya Kencana merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan oleh pemerintah pusat melalui BKKBN kepada tokoh yang mempunyai dedikasi tinggi terhadap pengelolaan program pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana (Bangga Kencana).

Di Pulau Madura sendiri terdiri dari empat kabupaten yakni Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep.

KEYWORD :

Hasto Wardoyo BKKBN Penghargaan Manggala Karya Kecana Baddrut Tamam Bangga Kencana




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :