Selasa, 14/05/2024 21:40 WIB

Top Skorer Liga Champions Asia Sepanjang Masa Pamit

Top Skorer Liga Champions Asia Sepanjang Masa Pamit

Dejam Damjanovic berebut bola (Foto: AFP)

Hong Kong, Jurnas.com - Legenda Liga Champions Asia (ACL) Dejan Damjanovic mengucapkan selamat tinggal pada Jumat (19/8), karena kemungkinan tidak akan lagi bermain di kompetisi itu tahun depan.

Damjanovic menjadi top skorer Liga Champions Asia sepanjang masa, dengan torehan 42 gol dari 41 pertandingan bergengsi di benua Asia tersebut.

Striker Montenegro yang kini membela klub Hong Kong, Kitchee, merupakan salah satu pemain terbesar klub sepak bola Asia, dan telah tampil di Liga Champions untuk empat klub berbeda selama sembilan musim dalam 13 tahun terakhir.

Keterlibatannya dalam edisi tahun ini berakhir tanpa gol, setelah kalah 4-0 dari klub Thailand BG Pathum United di babak 16 besar hari ini.

Karena itu, dia merasa tidak mungkin bermain di Liga Champions Asia tahun depan sebab kompetisi diatur untuk beralih ke awal musim gugur, setelah kontraknya dengan Kitchee berakhir pada Mei.

"Saya tidak akan mengatakan 100 persen tetapi saya pikir ini ACL terakhir saya," kata Damjanovic setelah pertandingan di kota Saitama, Jepang dikutip dari AFP.

"Saya selalu mengatakan mungkin, meninggalkan beberapa tanda tanya. Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan," lanjut dia.

Kendati kemungkinan besar tidak beraksi kembali di ACL tahun depan, 42 gol Damjanovic dalam kompetisi itu menandakan bahwa warisannya akan hidup selama bertahun-tahun yang akan datang. Namun, dia yakin rekornya bisa terpecahkan.

"Satu orang, mungkin tidak sekarang, mungkin dalam lima tahun, mungkin dalam dua, mungkin dalam 10 tahun, satu orang akan datang dan menikmati Asia seperti saya dan dia akan tinggal di sini untuk waktu yang lama dan memecahkan rekor ini," ujar dia.

"Tapi sekarang, untuk generasi mendatang, itu bagus. Itu akan menjadi tujuan yang harus mereka capai," imbuh dia.

Damjanovic mulai naik daun di Korea Selatan, tempat di mana dia membantu FC Seoul finis sebagai runner-up Liga Champions pada tahun 2013 selama bertugas lima tahun.

Dia memang tidak pernah berhasil memenangkan kompetisi itu, tetapi meyakini kompetisi tersebut kian bertumbuh dan bertingkat di Asia.

"Sebelumnya, perbedaan besar antara Korea, Jepang, dan negara lain - sekarang Anda melihat tim Thailand, tim Malaysia, tim Hong Kong dapat bersaing," terang dia.

"Semua orang berkembang dan itu menunjukkan bahwa semua orang berinvestasi dalam sepak bola dan mereka sangat ambisius untuk melakukan sesuatu di ACL," tutup Damjanovic.

KEYWORD :

Dejan Damjanovic Top Skorer Liga Champions Asia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :