Rabu, 15/05/2024 06:59 WIB

Klub Liga Pro Saudi akan Bermain di Iran pada Liga Champions Asia

Al Nassr, tim Ronaldo, dijadwalkan bermain melawan Persepolis di Teheran pada 19 September. Pertandingan kedua pada 27 November akan dimainkan di Riyadh.

Sepak Bola - Liga Pro Saudi - Al Nassr v Al Shabab - Stadion KSU, Riyadh, Arab Saudi - 23 Mei 2023 Cristiano Ronaldo Al Nassr memberi tepuk tangan kepada para penggemar setelah pertandingan (REUTERS/Ahmed Yosri)

JAKARTA, Jurnas.com - Cristiano Ronaldo, Neymar, Karim Benzema dan klub sepak bola Arab Saudi akan bermain di Iran untuk pertandingan Liga Champions Asia musim ini karena membaiknya hubungan antar negara.

Konfederasi Sepak Bola Asia pada Senin (4/9) memuji perjanjian inovatif antara federasi sepak bola Saudi dan Iran yang memungkinkan tim mereka menjadi tuan rumah satu sama lain dalam pertandingan kandang dan tandang alih-alih mencari tempat netral.

Al Nassr, tim Ronaldo, dijadwalkan bermain melawan Persepolis di Teheran pada 19 September. Pertandingan kedua pada 27 November akan dimainkan di Riyadh.

Edisi Liga Champions Asia 2015 menjadi kali terakhir tim Arab Saudi Saudi dan Iran saling berhadapan di kandang sendiri pada babak penyisihan grup atau babak sistem gugur.

Ketegangan diplomat yang sudah berlangsung lama antara kedua negara mulai mereda. Menteri Luar Negeri Iran, Hossein Amir-Abdollahian, mengunjungi Arab Saudi bulan lalu untuk kunjungan pertama dalam delapan tahun.

Sejak keputusan AFC tentang penggunaan stadion netral mulai berlaku pada tahun 2016, klub-klub Saudi dan Iran yang bermain di Liga Champions menggunakan stadion di Dubai dan Doha.

Tim-tim Iran memang bermain di kota-kota di Saudi selama pandemi COVID-19 ketika satu venue digunakan untuk pertandingan antar tim dari berbagai negara di bawah aturan kesehatan yang ketat.

Pengundian Liga Champions Asia diadakan pada 24 Agustus dan menghasilkan pertandingan Iran-Saudi di tiga dari lima grup di benua bagian barat. Lima grup lagi yang terdiri dari empat tim bermain di wilayah timur.

Al Hilal, tim Neymar, dijadwalkan bermain di Iran melawan Nassaji Mazandaran pada 2 Oktober. Sedangkan, Al Ittihad, tim Benzema, dijadwalkan menghadapi Sepahan di hari yang sama.

Pertandingan kedua di Arab Saudi ditetapkan pada 12 Desember.

"Para penggemar fanatik di Arab Saudi, Iran, dan seluruh Asia kini dapat menantikan babak baru yang menarik dalam sepak bola klub dan tim nasional," kata AFC, menambahkan bahwa tim-tim dari negara-negara tersebut akan berjuang dalam semangat kompetisi dan persahabatan.

Di level timnas putra, Arab Saudi dan Iran terakhir kali bertemu pada tahun 2012.

Sumber: Al Arabiya/AP

KEYWORD :

Cristiano Ronaldo Neymar Karim Benzema Liga Champions Asia Hubungan Arab Saudi Iran




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :