Sabtu, 18/05/2024 23:32 WIB

Jokowi Minta Lahan Tak Produktif Ditanami Kelapa Genjah

Jokowi minta lahan tak produktif ditanami kelapa genja.

Jokowi saat melakukan penanaman kelapa genjah di Desa Sanggang, Kecamatan Bulu, Sukoharjo, Jawa Tengah, Kamis (11/8).

JAKARTA, Jurnas.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar lahan-lahan yang tidak produktif ditanami kelapa genjah.

Demikian disampaikan Jokowi saat melakukan penanaman kelapa genjah di Desa Sanggang, Kecamatan Bulu, Sukoharjo, Jawa Tengah, Kamis (11/8).

"Lahan-lahan yang tidak produktif ditanami kelapa genjah yang nanti hasilnya 2,5-3 tahun. Setiap tahunnya produksinya 140-180 buah yang itu bisa dibuat gula semut, minyak kelapa, dan juga bisa dijual buahnya untuk minuman segar," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, penanaman kelapa genjah dilakukan di Solo Raya dengan memanfaatkan lahan-lahan yang tidak produktif. Di antaranya 46 ribu batang di Boyolali, 44 ribu batang di Karanganyar, dan 110 ribu batang di Sukoharjo.

"Ini baru dimulai di sini. Nanti provinsi-provinsi yang cocok dengan kelapa bisa kita tanami, targetnya kurang lebih 1 juta kelapa. Bukan kelapa saja, tadi ada cabai dan jagung benihnya kita bagikan," kata Jokowi.

Di samping itu, mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga meminta agar dibuatkan industri untuk minyak kelapa dan gula semut. "Tapi, paling penting selain menanam disiapkan juga industrialisasinya karena kelapa ini bisa dijadikan gula semut dan minyak kelapa," kata Jokowi.

Mentari Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo, yang turut mendampingi Jokowi pada kesempatan ini mengatakan, menghadapi tantangan ke depan terutama masalah pangan dunia harus extraordinary.

"Karena itu, saya diminta mempersiapkan 1 juta kelapa dan di antara kelapa yang menunggu 2 tahun itu harus ada tanaman kedelai. Dua tahun itu harus ditutup dengan pendapatan rakyat dari tanaman sela, seperti jagung dan kedelai," kata Syahrul.

Mantan gubernur Sulawesi Selatan itu juga meminta masyarakat agar manfaatkan pekarangan rumah dan lahan-lahan yang kosong untuk menanam cabai, nanas, dan tanaman lainnya yang dapat dikembangkan di polybag atau pot. 

"Terutama di Jawa ini yang memang makin hari makin bertambah masyarakatnya. Karena itu, tanami cabai di pinggir rumah dan komoditas lainnya, sehingga belanja pangan berkurang dan pendapatan rumah tangga bertambah," katanya.

KEYWORD :

Penanaman Kelapa Genjah Syahrul Yasin Limpo Joko Widodo




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :