Jum'at, 17/05/2024 17:33 WIB

Ikawati ATR/BPN Turut Pasarkan Produk UMKM Via Online

Saat ini perkembangan UMKM di Indonesia sangat membantu pertumbuhan ekonomi pascapandemi Covid-19. Sebab, kontribusi pertumbuhan ekonomi di Indonesia, sekitar 67 persen dari sektor UMKM.

Pembina Ikatan Istri Karyawan dan Karyawati (Ikawati) Pusat Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Nanny Hadi Tjahjanto. Foto: atr/bpn

JAKARTA, Jurnas.com - Ikatan Istri Karyawan dan Karyawati (Ikawati) Pusat Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) bekerja sama dengan PT Ladara Dharma Bhakti memasarkan produk-produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaan kementerian.

Wakil Menteri ATR/BPN Raja Juli Antoni mengatakan kerjasama ini bertujuan untuk memasarkan produk-produk UMKM yang dihasilkan oleh masyarakat dengan skema pemanfaatan aset tanah. Nantinya, para Ikawati pusat yang tersebar di 33 instansi Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional 473 instansi Kantor Pertanahan akan memberikan pendampingan pelaku UMKM.

"Dari pihak Ikawati saat ini, sudah proses melakukan pemberdayaan tanah. Hasil kerjasama antara Kementerian ATR/BPN dengan Ladara. Mereka memiliki platform online, untuk memasarkan produknya," kata Raja Juli melalui keterangan tertulis yang diterima jurnas.com di Jakarta, Rabu (27/7/2022).

Ia melanjutkan, saat ini perkembangan UMKM di Indonesia sangat membantu pertumbuhan ekonomi pascapandemi Covid-19. Sebab, kontribusi pertumbuhan ekonomi di Indonesia, sekitar 67 persen dari sektor UMKM.

Oleh sebab itu, sudah sewajarnya apabila Kementerian ATR/BPN RI melalui Ikawati pusat berkolaborasi dengan PT Ladara Dharma Bhakti kembangkan pemasaran produk-produk pelaku UMKM. Sehingga, diharapkan dapat meningkatan akses pasar yang lebih luas, baik pasar dalam negeri maupun luar negeri.

"Karena itu, kita mensupport aktivitas Ikawati dalam mengembangkan pemasaran produk usaha mikro kecil dan menengah," lanjutnya.

Sementara itu, Pembina Ikawati Kementerian ATR/BPN Nanny Hadi Tjahjanto mengatakan saat ini pihaknya tengah fokus memberikan perhatian lebih kepada sektor UMKM. Diharapkan melalui program ini, Ikawati dapat turut andil dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Dengan adanya kerja sama ini, diharapkan dapat membantu memperluas jangkauan pemasaran produk-produk UMKM. Sehingga lebih dikenal dan memiliki daya saing," tandasnya.

Sekadar diketahui, PT Ladara Dharma Bhakti merupakan marketplace dan wadah bagi para pelaku UMKM untuk memasarkan produknya. Saat ini Ikawati ATR/BPN telah memiliki mitra binaan sebanyak 6.000 UMKM.

KEYWORD :

Ikawati ATR BPN UMKM




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :