Jum'at, 26/04/2024 02:51 WIB

AS Akan Reboisasi Jutaan Hektar Hutan Bekas Kebakaran

AS Akan Reboisasi Jutaan Hektar Hutan Bekas Kebakaran

Kebakaran hutan (Foto: Doknet)

Washington, Jurnas.com - Pemerintah Amerika Serikat (AS) akan melakukan penanaman kembali (reboisasi) jutaan hektar hutan, yang sebelumnya mengalami kebakaran. Hal itu dilakukan untuk mencegah bertambahnya korban di hutan negara dari kebakaran hutan, serangga, dan manifestasi lain dari perubahan iklim.

Kebakaran yang merusak dalam beberapa tahun terakhir, dengan cepat telah jauh melampaui kemampuan pemerintah untuk menanam kembali pohon. Kondisi itu menyisakan 4,1 juta hektar hutan yang membutuhkan penanaman kembali.

Departemen Pertanian AS mengatakan harus melipatgandakan jumlah bibit pohon yang dihasilkan oleh pembibitan, untuk melewati simpanan dan memenuhi kebutuhan di masa depan.

Untuk mengurangi jumlah lahan hutan mati, Dinas Kehutanan AS dalam beberapa tahun ke depan berencana meningkatkan reboisasi dari sekitar 60.000 hektar tahun lalu, menjadi sekitar 400.000 hektar per tahun. Sebagian besar pekerjaan akan dilakukan di negara bagian barat, di mana kebakaran hutan kerap terjadi sepanjang tahun.

"Hutan kita, masyarakat pedesaan, pertanian dan ekonomi terhubung di lanskap bersama dan keberadaan mereka dipertaruhkan. Hanya melalui tindakan yang berani dan cerdas iklim, kita dapat memastikan masa depan mereka," kata Menteri Pertanian Tom Vilsack dikutip dari Associated Press pada Selasa (26/7).

Hampir 5,6 juta hektar terbakar di AS tahun ini, menempatkan tahun 2022 menyamai atau melampaui rekor musim kebakaran 2015, ketika 10,1 juta hektar terbakar. Banyak hutan beregenerasi secara alami setelah kebakaran, tetapi jika kobaran api terlalu kuat, kebakaran dapat meninggalkan lanskap tandus yang bertahan selama beberapa dekade sebelum pepohonan kembali.

Dinas Kehutanan tahun ini menghabiskan lebih dari US$100 juta untuk reboisasi. Pengeluaran diperkirakan akan meningkat lebih lanjut di tahun-tahun mendatang, hingga US$260 juta per tahun, di bawah RUU infrastruktur federal yang disetujui tahun lalu.

KEYWORD :

Reboisasi Hutan Amerika Serikat Kebakaran




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :