Kamis, 25/04/2024 22:55 WIB

Perpustakaan Sambas Diharapkan Jadi Ruang Belajar Terbuka

Perpustakaan Sambas Diharapkan Jadi Ruang Belajar Terbuka

Perpustakaan Sambas (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Kepala Perpustakaan Nasional RI, Muhammad Syarif Bando, meresmikan Gedung Layanan Perpustakaan Kabupaten Sambas pada Selasa (28/6). Gedung ini dibangun melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) subbidang perpustakaan senilai Rp10 miliar.

Diharapkan, gedung perpustakaan Sambas ini dapat mendukung upaya peningkatan indeks literasi di kabupaten yang berada di wilayah provinsi Kalimantan Barat tersebut.

Syarif Bando mengatakan, pembangunan gedung perpustakaan dilakukan sesuai arahan Presiden Jokowi untuk membangun daerah terluar di wilayah Indonesia. Dia memberikan apresiasi seluruh kemajuan yang dicapai pemerintah daerah Kabupaten Sambas dan seluruh masyarakatnya dalam pembangunan gedung perpustakaan ini.

"Kami juga mendapatkan dukungan penuh dari Komisi X DPR RI sehingga banyak sekali program-program pemerintah pusat bisa sampai ke berbagai daerah," ungkap dia.

Syarif juga menyampaikan agar tidak hanya pembangunan fasilitas saja, namun perlu adanya kebijakan yang mendukung pemanfaatan layanan perpustakaan daerah Kabupaten Sambas.

"Saya titip untuk ada kebijakan dari Bapak Bupati menjadikan perpustakaan sebagai ruang belajar terbuka terutama bagi masyarakat yang tidak mungkin lagi ikut dalam pendidikan formal," imbuh dia.

Di sisi lain, Pemerintah Kabupaten Sambas juga menunjukkan komitmen pembangunan literasi di daerahnya dengan menyiapkan dana pendamping pembangunan perpustakaan sebesar Rp3,5 miliar.

Bupati Sambas, Satono, juga menyampaikan terima kasih kepada Perpusnas yang telah berkolaborasi menghadirkan fasilitas yang untuk Kabupaten Sambas menjadi lebih maju.

"Mudah-mudahan fisik yang bagus, bangunan yang megah dan kokoh juga diimbangi dengan semangat membaca anak-anak dan seluruh masyarakat yang terus meningkat sehingga bisa membawa Kabupaten Sambas menjadi kabupaten terunggul di Kalimantan Barat," sebut dia.

Anggota Komisi X DPR RI, Adrianus Asia Sidot, dalam sambutannya juga menyampaikan apresiasi atas kinerja Perpusnas yang telah menghadirkan fasilitas layanan perpustakaan di berbagai daerah, salah satunya Kabupaten Sambas meskipun dengan anggaran yang terbatas.

Adrianus menegaskan, Perpusnas sebagai mitra kerja akan terus mendapat dukungan yang besar dari Komisi X terutama dalam rangka pengembangan perpustakaan dan program peningkatan literasi masyarakat di berbagai daerah.

"Meskipun anggarannya terbatas tidak melemahkan semangat Kepala Perpusnas dan jajarannya untuk tetap berjuang agar rakyat Indonesia meningkat indeks literasinya," terang Adrianus.

KEYWORD :

Perpustakaan Sambas Perpusnas Syarif Bando Ruang Belajar Terbuka




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :