Jum'at, 17/05/2024 18:56 WIB

Ukraina Serang Anjungan Pengeboran Minyak yang Dikuasai Rusia

Ukraina serang anjungan pengeboran Krimea di Laut Hitam.

Fasilitas penyimpanan gas perusahaan Chernomorneftegaz di distrik Chernomorsky Krimea pada tahun 2014 (Reuters)

JAKARTA, Jurna.com - Gubernur Krimea yang dikuasai Moskow mengatakan tiga orang terluka dan tujuh orang hilang setelah Ukraina menembaki tiga anjungan pengeboran minyak di Laut Hitam di lepas semenanjung yang dicaplok Rusia.

"Kami mengkonfirmasi bahwa ada tiga yang terluka dan tujuh dilaporkan hilang. Kami menjamin pencarian akan terus berlanjut," kata Gubernur Sergey Aksyonov di Telegram pada hari Senin, merujuk pada platform perusahaan minyak dan gas Chernomorneftegaz yang berbasis di Krimea.

Dikutip dari Aljazeera, ini adalah serangan pertama yang dilaporkan terhadap infrastruktur energi lepas pantai di Krimea sejak Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari.

Aksyonov, yang diangkat oleh Rusia sebagai gubernur semenanjung setelah pencaplokan 2014 oleh Moskow, sebelumnya mengatakan lima orang terluka dalam serangan itu sebelum merevisi angka korban.

Ia mengatakan tiga anjunga menjadi sasaran, memicu evakuasi 94 orang di lokasi, sementara 15 tentara tetap menjaga mereka.

Chernomorneftegaz, yang disetujui oleh Amerika Serikat (AS) sejak 2014, mengoperasikan beberapa ladang gas dan minyak di Laut Hitam dan di Laut Azov.

Aksyonov mengatakan bahwa satu anjungan telah terkena, dan Olga Kovitidi, seorang senator Rusia untuk Krimea, mengatakan kepada agen RIA Novosti bahwa tidak ada korban di dua platform lain yang menjadi sasaran serangan itu.

Militer Ukraina mengatakan gudang makanan di pelabuhan Laut Hitam Odesa hancur dalam serangan rudal Rusia, tetapi tidak ada warga sipil yang tewas.

Kota ini telah dibombardir secara sporadis sejak awal perang dan diblokade oleh angkatan laut Rusia, sementara masing-masing pihak saling menuduh meletakkan ranjau di laut.

Komando Operasi "Selatan" Ukraina mengatakan pasukan Rusia telah menembakkan 14 rudal ke Ukraina selatan selama rentetan tiga jam "dalam kemarahan yang tak berdaya atas keberhasilan pasukan kami".

Militer Rusia tidak segera mengomentari laporan tersebut.

KEYWORD :

Ukraina Pengeboran KrimeaRusia Laut Hitam




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :