Jum'at, 19/04/2024 13:45 WIB

7 Pembelian Terburuk Real Madrid Sepanjang Masa

7 Pembelian Terburuk Real Madrid Sepanjang Masa

Luka Jovic (Foto: Daily Mail/Getty Images)

Madrid, Jurnas.com - Sudah menjadi rahasia umum sebelumnya, Real Madrid doyan mengoleksi pemain `jadi`, guna memperkuat skuat di kompetisi domestik maupun Eropa.

Zinedine Zidane, Ronaldo, Cristiano Ronaldo, Luis Figo, Karim Benzema menjadi pemain bintang yang didatangkan Los Blancos pada masanya. Bahkan, nama terakhir masih menjadi pahlawan El Real hingga saat ini.

Kebijakan transfer ini tak selalu berjalan mulus. Dikutip dari Goal pada Sabtu (18/6), berikut ini 16 pembelian terburuk Madrid sepanjang masa di bursa transfer.

1. Nicolas Anelka

Real Madrid mendatangkan Anelka dari Arsenal pada 1999 silam dengan banderol 34,5 juta euro. Sayangnya, dia gagal menunjukkan kualitasnya di Bernabeu. Anelka mengoleksi total tujuh gol sebelum akhirnya hengkang setelah menjalani satu musim.

2. Elvir Baljic

Pada 1999 lalu, pelatih Madrid, John Toshack dibuat kagum oleh pemain Bosnia, Elvir Baljic, saat berkunjung ke Turki. Tak perlu waktu lama, Madrid merogoh kocek 26 juta euro untuk mendatangkan pemain itu ke Bernabeu.

Sayangnya, harapan klub tak terpenuhi. Baljic lebih banyak menghabiskan waktu di meja operasi karena cedera lutut. Dia akhirnya dipinjamkan ke klub lamanya, Fenerbahce. Di Bernabeu, dia hanya mengoleksi satu gol.

3. Antonio Cassano

Pembelian gagal selanjutnya menjadi milik Cassano, yang didapatkan Madrid dari AS Roma dengan banderol 5 juta euro. Nilainya memang kecil, namun tetap saja tak sepadan dengan kualitas Cassano.

Pemain Italia itu dikenal sebagai pemain dengan sikap buruk. Dia pernah bercerita memiliki teman seorang pelayan hotel, yang diminta membawakannya kue setelah berhubungan seks, dan menukar perempuan yang melayaninya dengan kue. Cassano hanya mencetak satu gol dari tujuh pertandingan.

4. Kaka

Siapa yang tak kenal Kaka? Dia adalah sosok pahlawan di San Siro ketika masih membela AC Milan. Sayangnya, ketika dibeli oleh Real Madrid pada 2009, Kaka melempem akibat cedera. Kedatangan Benzema dan Mesut Ozil juga mengancam posisinya di skuat.

5. Javier Saviola

Madrid mendapatkan Saviola secara gratis pada 2007 silam. Sempat tampil mengesankan di Barcelona, Saviola gagal meyakinkan pelatih El Real untuk tetap di skuat utama.

Penyebab kegagalan Saviola disinyalir karena adanya Arhen Robben, Gonzalo Higuain, Raul, Robinho, dan Ruud van Nistelrooy di tim utama.

6. Jonathan Woodgate

Dibeli dari Newcastle pada 2004 silam dengan harga 18,3 juta euro, Woodgate melakukan debut terburuk sepanjang sejarah. Dia ditandangani pada tahun 2004, namun menghabiskan satu tahun absen karena cedera paha. Dua tahun kemudian, dia dipulangkan ke Inggris.

7. Luka Jovic

Pada musim 2018-2019, nama Jovic muncul sebagai calon bintang besar di Eropa. Bersama Eintracht Frankfurt, dia mencetak 10 gol dalam 14 pertandingan Liga Europa. Dia juga tampil impresif di Bundesliga.

Sayang beribu sayang, saat dibeli Madrid pada 2019 lalu dengan harga 66 juta euro, Jovic malah lebih banyak menghuni bangku cadangan, sebab gagal bersaing di lini depan. Dia hanya mencetak tiga gol dalam 51 pertandingan.

KEYWORD :

Pembelian Terburuk Real Madrid Luka Jovic Kaka




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :