Jum'at, 17/05/2024 13:51 WIB

Kemendikbudrstek Dorong Pemda Optimalkan DAK Fisik Pendidikan

Kemendikbudrstek Dorong Pemda Optimalkan DAK Fisik Pendidikan

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Foto: Muti/Jurnas)

Jakarta Jurnas.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) mendorong pemerintah daerah mengoptimalkan Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang pendidikan, guna mendukung pembelajaran berkualitas.

Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Biro Perencanaan, Sekretariat Jenderal Kemdikbudristek, Fathurahman mengetakan, kebijakan pelaksanaan DAK fisik bidang pendidikan tahun 2023 mencakup revitalisasi PAUD, SD, SMP, SKB, SMA, SMK, SLB. Secara rinci, aktivitas ini mencakup rehabilitasi dan pembangunan sarana prasarana dan penyediaan sarana pendidikan.

Berikutnya ialah pembangunan baru satuan pendidikan jenjang SMA, SLB, dan SMK yang mencakup pembangunan unit sekolah baru, di mana pemerintah daerah sudah menyediakan tanah yang siap bangun. Lebih lanjut, terdapat kriteria penilaian dan kriteria kesiapan yang perlu diketahui oleh para pelaksana.

"Untuk memaksimalkan pengajuan, Bapak dan ibu bisa mengunggah foto kelas yang akan direhab untuk memastikan kebenaran proses rehab dan memastikan data yang dimasukkan di Dapodik sesuai dengan kondisi riil dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," jelas Fahturahman.

Ia menegaskan bahwa Data Pokok Pendidikan (Dapodik) menjadi satu-satunya sumber data yang digunakan dalam mekanisme DAK.

"Ini pangkalan data yang sangat baik. Oleh karena itu, mari kita bersama-sama kuatkan, tingkatkan kualitasnya dan lengkapi datanya agar akurat dan sebagai sebagai basis dalam perencanaan kita," tekan dia.

Fahturahman juga berpesan agar dinas pendidikan maupun satuan pendidikan masing-masing daerah, memperbarui Dapodik secara berkala untuk menjamin akurasi dan validitas datanya.

"Mari kita sama-sama optimalkan anggaran di DAK ini agar bisa mencapai hasil yang optimal di masing-masing satuan pendidikan, khususnya terkait dengan penyediaan dan penyelesaian sarana dan prasarana," tutup Fahturahman.

KEYWORD :

DAK Fisik Dana Alokasi Khusus Kemdikbudristek




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :